Fakultas Saintek Unigoro Gelar Kuliah Umum Jaga Hutan Hujan Indonesia Dari Kota

Fakultas Sains dan Teknik Universitas Bojonegoro pada Selasa, (17/12/2019) kemarin menggelar kegiatan kuliah umum “Jaga Hutan Hujan Indonesia Dari Kota” dengan mendatangkan dosen tamu dari CoFounder Hutan Itu Indonesia, Rina Eko Pamudji Lestasi, S.Si, M.Sc.

Dalam kegiatan yang berlangsung di Gedung Mayor Sogo Unigoro tersebut, dihadiri oleh puluhan mahasiswa dari Program Studi Teknik Sipil, Teknik Industri, Ilmu Lingkungan dan Kimia. Selain itu juga dari UKM Argopala dan Prodi Ekonomi Pembangunan yang ikut serta kegiatan kuliah umum tersebut.

Acara dihadiri oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Bojonegoro, Harjono, ST, M.Si, dan dibuka oleh Wakil Rektor III, Dr. H. M. Yasir, SH, M.Si, dilanjutkan dengan pemaparan materi kuliah umum yang disampaikan oleh dosen tamu, Rina Eko Pamudji Lestasi, S.Si, M.Sc.

Dalam paparannya, ia menjelaskan tentang kondisi hutan yang ada di Indonesia dan mengajak para mahasiswa untuk melakukan aksi nyata menjaga hutan dengan beberapa cara diantaranya; dengan adopsi pohon dan mendukung produk hutan non kayu.

Selain memberikan pemaparan tentang pentingnya menjaga kelestarian hutan, kegiatan kuliah umum juga memberikan sesi sharing dan tanya jawab agar para mahasiswa dapat memahami materi dengan baik.

Sementara itu, Kaprodi Ilmu Lingkungan, Oktavianus Cahya Anggara, ST, M.Sc, menjelaskan bahwa kegiatan kuliah umum yang diselenggarakan ini diharapkan dapat memperluas pandangan para mahasiswa tentang arti pentingnya menjaga kelestarian hutan.

“Kuliah Umum ini bertujuan untuk memperluas pandangan kita tentang arti pentingnya menjaga kelestarian hutan, bukan hanya karena hutan sebagai penghasil bahan baku kebutuhan manusia, tetapi juga karena hutan sebagai penjaga kelangsungan hidup manusia,” ujarnya.

Ia menambahkan, hutan sebagai penghasil bahan baku kebutuhan manusia diantaranya; akar, kayu, kulit kayu, daun, bunga, buah, biji sedah selayknya dijaga kelestariannya. Tak hanya itu, hutan adalah penghasil oksigen, penstabil iklim mikro dan penjaga ketersediaan air tanah sehingga perlu mendapat perhatian yang cukup besar saat ini. (humas)

You may also like...

English English Indonesian Indonesian