BEM Fakultas Ekonomi Gelar Seminar “Desa Membangun Negara”

BEM Fakultas Ekonomi pada Rabu (27/02), menggelar seminar dengan tema “Desa Membangun Negara”, yang dilaksanakan di Gedung Mayor Sogo, Unigoro.

Kegiatan tersebut sebagai salah satu program kerja yang direncanakan sebagai wadah bagi mahasiswa khususnya mahasiswa Fakultas Ekonomi untuk mengembangkan diri dan menambah wawasan mereka mengenai pembangunan, utamanya mengenai pembangunan di desa dan sektor mana saja yang dapat dimanfaatkan sebagai upaya pembangunan.

Seluruh anggota BEM Fakultas Ekonomi, segenap jajaran akademisi Fakultas Ekonomi, perwakilan lembaga Universitas Bojonegoro, serta peserta seminar baik dari mahasiswa Fakultas Ekonomi maupun Fakultas yang lain turut hadir dalam kegiatan seminar tersebut.

Acara seminar dibuka dengan sambutan ketua BEM Fakultas Ekomomi, M. Arif Ariza, yang dalam sambutannya mengatkan bahwa desa telah mengalami sebuah revolusi yakni revolusi otonomi desa dan revolusi industri 4.0, maka dari itu perlu ada campur tangan pemuda sebagai generasi milenial dalam pembangunan desa.

“Kita sebagi mahasiswa harus berperan aktif dalam upaya pembangunan desa,” ujar ketua BEM Fakultas Ekonomi.

Dalam kegiatan tersebut, panitia menghadirkan narasumber yakni M. Fathur Rochman, SE., MM., Tenaga Ahli P3MD, M. Khundori, S.Sos., selaku Direktur Ademos, dan Joko Hadi Purnomo, SE., MM., selaku Direktur IDFoS Indonesia.

Ketiga pemateri menyampaikan materinya dengan kesimpulan bahwa setelah adanya desentralisasi mengenai otonomi daerah maka desa mempunyai suatu hak untuk membangun desanya sendiri, hal ini tercermin dari telah adanya beberapa desa di daerah-daerah di Indonesia yang telah mampu mengembangkan desanya, baik dalam pengembangan wisata ataupun mengembangan pembangunan salah satunya dapat tercermin dari infrastruktur dalam desa.

Para narasumber juga menegaskan dan mengingatkan bahwa sebagai mahasiswa khusunya generasi milenial juga harus mampu ikut serta dalam pembangunan desa, agar kita dapat mengawal jalannya pemerintahan untuk mengurangi praktik kecurangan yang kerap dilakukan oleh aparat-aparat desa.

Sementara itu, pihak Fakultas Ekonomi melalui Wakil Dekan, Azhari, SE., MM., mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan yang dilakukan oleh BEM FE, serta berharap akan ada kegiatan positif lainnya yang dapat dilaksanakan oleh para mahasiswa. (far/may/meg/twa)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

English English Indonesian Indonesian