Bimbingan Teknis Uji Kompetensi 2019 bagi Mahasiswa Universitas Bojonegoro

Universitas Bojonegoro hari ini, Selasa (16/4) melaksanakan kegiatan bimbingan teknis Uji Kompetensi 2019 bagi para mahasiswa semester akhir, yang telah mendaftar untuk mengikuti Uji Kompetensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Total ada 125 mahasiswa dari 3 fakultas yang mendaftar untuk mengikuti kegiatan Uji Kompetensi yang akan dilaksanakan pada Minggu, 21 april 2019 nanti.

Dalam kegiatan sosialisasi yang dilakukan di Fakultas Ekonomi pada hari ini, dihadiri oleh Ketua Tempat Uji Kompetensi (TUK) Universitas Bojonegoro, Saiful Anam, SE., MM., bersama tim, serta Ketua Yayasan Suyitno Bojonegoro, Arief Januwarso, S.Sos., M.Si.

Kegiatan Uji Kompetensi bagi mahasiswa yang akan diselenggarakan di Universitas Bojonegoro ini merupakan satu-satunya yang pernah dilakukan perguruan tinggi di wilayah Kabupaten Bojonegoro.

Nantinya, para mahasiswa akan diuji oleh asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Merdeka Malang, untuk bisa mendapatkan sertifikat kompeten dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Ketua Tempat Uji Kompetensi (TUK) Universitas Bojonegoro, Saiful Anam, SE., MM., mengatakan, dalam sosialisasi uji kompetensi hari ini para mahasiswa diberikan wawasan terkait pentingnya mengikuti kegiatan uji kompetensi, utamanya untuk mengetahui kompetensi mahasiswa dalam dunia kerja selepas lulus nanti.

“Jadi uji kompetensi ini memang fokusnya di bidang kewirausahaan, para mahasiswa nanti akan diuji kompetensinya untuk melihat disektor mana keahlian mereka, melihat kondisi dunia kerja saat ini yang membutuhkan lulusan yang memiliki skill dan kompetensi dengan dibuktikan adanya sertifikat kompetensi ini,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, tidak ada jaminan mahasiswa akan lulus semuanya dan berharap agar dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk mengikuti uji kompetensi ini.

Sementara itu, Ketua Yayasan Suyitno Bojonegoro, Arief Januwarso, S.Sos., M.Si., dalam sambutannya hari ini menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas lulusan di Universitas Bojonegoro, salah satunya dengan menyelenggarakan uji kompetensi bagi mahasiswa ini.

“Kegiatan uji kompetensi ini merupakan bukti bahwa Universitas Bojonegoro peduli pada lulusannya, meningkatkan kualitas lulusannya agar siap dalam dunia kerja saat ini,” ungkapnya.

Sertifikat Kompetensi ini nantinya akan menjadi pelengkap dari Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI), sebagai bukti kompetensi pemegangnya, meningkatkan kelayakan kerja (employability) dan merupakan dokumen tambahan yang menyatakan kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, dan sikap/moral seorang lulusan. (humas)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

English English Indonesian Indonesian