BPS Goes to Campus, Sosialisasi SP2020 di Universitas Bojonegoro

BPS Goes To Campus, Sosialisasi SP2020 Di Universitas Bojonegoro

BPS (Badan Pusat Statistik) Goes to Campus hadir di Universitas Bojonegoro, memberikan sosialisasi Sensus Penduduk (SP) 2020 bagi mahasiswa perguruan tinggi, Selasa (10/12/2019).

Kegiatan bertempat di The Suyitno Hall Universitas Bojonegoro dengan mengundang 3 pemateri serta menghadirkan para mahasiswa dari seluruh fakultas di Universitas Bojonegoro.

Selain itu, kegiatan sosialisasi juga dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. H.M. Yasir, SH., M.Si, yang sekaligus membuka acara sosialisasi SP2020.

Pemateri pertama adalah Dra. Ida Swasanti MM, M.Si, selaku dosen FISIP, Pemateri kedua yaitu Drs. Moch Chosim SH., MM, selaku kepala dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Bojonegoro, dan pemateri ketiga yaitu Ir. Firman Bastian, M.Si yang merupakan ketua Badan Pusat Statistik Kabupaten Bojonegoro.

Sosialisasi dimulai dengan informasi tentang diadakannya sensus penduduk dengan metode kombinasi secara online, untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk menuju satu data kependudukan Indonesia dan tersedianya data parameter demografi (fertilitas, mortalitas, dan migrasi), serta karakteristik penduduk lainnya untuk keperluan proyeksi penduduk, indikator SDGs, dan sebagai dasar perencanaan dan evaluasi pembangunan.

Ir. Firman Bastian, M.Si mengatakan SP2020 dilakukan berbeda, utamanya dengan penggunaan metode kombinasi da dilaksanakan secara online.

“SP2020 ini merupakan sensus penduduk yang ke-7, sensus penduduk tahun 2020 ada yang berbeda yaitu kali ini menggunakan metode kombinasi dan dilaksanakan secara online guna tersedianya data parameter demografi,” ujar ketua Badan Pusat Statistik Kabupaten Bojonegoro tersebut.

Ia menambahkan, dibandingkan dengan metode tradisional, metode ini lebih unggul yaitu biaya yang dikeluarkan tidak banyak (efesiensi biaya) dan mengurangi response burden. Metode online ini diadakan karena mengingat saat ini zamannya milenial yang sangat identik dengan media online dan serba digital.

Pihaknya berharap agar mahasiswa dapat ikut serta dan berperan aktif atas terlaksananya sensus penduduk 2020 ini dan menjadi agent of change. SP2020 sendiri akan mulai dilaksanakan pada tanggal 15 Februari s/d 31 maret 2020.

Kegiatan sosialisasi ini diakhiri dengan quiz seputar sensus penduduk 2020. Dalam quiz ini setiap peserta sosialisasi yang dapat menjawab pertanyaan dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Bojonegoro mendapatkan doorprize. Selain itu sosialisasi ditutup dengan jargon dan gerakan tagline mencatat Indonesia. (P2J)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

English English Indonesian Indonesian