Cara Baru dalam Pemilihan CAPRESMA dan CAWAPRESMA BEM KM UNIGORO 2020

Tahun ini Universitas Bojonegoro melaksanakan Pemilihan Calon Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa BEM KM Universitas Bojonegoro dengan cara yang berbeda. Mengingat kondisi yang masih darurat karena pandemi COVID-19 ini, maka mengharuskan pemilihan dilaksanakan secara online. Dalam pemilihan CAPRESMA dan CAWAPRESMA BEM KM UNIGORO kali ini terdapat dua calon, dengan nomor urut 1 pasangan calon Anggita Lionid Hadiyansah (Fakultas ISIP Angkatan 2017) dengan wakilnya Wahyu Kristiawan (Fakultas Ekonomi Angkatan 2017), sedangkan untuk nomor urut 2 pasangan calon Muhammad Muchlis Mubaroq (Fakultas ISIP Angkatan 2017) dengan wakilnya Ardhian Rachmanto (Fakultas Pertanian Angkatan 2017).

Pemilihan ini akan dilaksanakan pada hari Kamis (07/05/2020) mulai pukul 08.00-11.00 WIB. Persiapan untuk pemilihan CAPRESMA dan CAWAPRES ini sudah dilakukan dengan matang. Selain pemilihan CAPRESMA dan CAWAPRESMA, pemilihan kali ini juga dilakukan untuk pemilihan DPM KM UNIGORO. Untuk mempermudah tata cara pemilihan secara online, pihak KPUM sudah mensosialisasikannya kepada para mahasiswa.

“Kesulitan pemilihan CAPRESMA dan CAWAPRESMA yang dilakukan secara online ini, yang pertama, komunikasi antar anggota KPUM karena jarak jauh. Yang kedua, karena ini pertama kali Universitas Bojonegoro melalukan e-voting dan kita hanya mengandalkan gadget untuk media sosialisasi dan yang pastinya kurang maksimal. Tapi hal tersebut masih bisa kami atasi dengan cara pihak KPUM menghubungi masing-masing Gubernur Mahasiswa dari 5 fakultas di UNIGORO, yang nantinya Gubma melanjutkan informasi dari KPUM ke ketua kelas masing-masing. Untuk memastikan informasi sudah tersampaikan, pihak KPUM meminta bukti screenshot dari share pengumuman tersebut”, ungkap Ida Fatmawati selaku Ketua KPUM 2020.

Diadakannya pemilihan pemimpin BEM KM UNIGORO ini tentunya dengan tujuan positif yaitu untuk membawa perubahan yang lebih baik lagi ke depannya, yang nantinya perubahan tersebut dapat lebih bermanfaat untuk para mahasiswa dalam menyampaikan aspirasi.

“Mulai dari saya masih menjabat Ketua Umum UKM P2J sudah ada di benak saya untuk berkontribusi lebih banyak lagi untuk Universitas Bojonegoro yaitu menjadi Presma BEM KM UNIGORO. Saya gunakan sebaik-baiknya proses saya sejak menjadi Ketua Umum UKM P2J sampai menjadi KABID di BEM FISIP. Tentunya hal tersebut untuk menambah ilmu dan wawasan serta mengembangkan kemampuan saya agar kelak pantas menjadi Presma BEM KM UNIGORO”, ungkap Anggita Lionid Hadiyansah, CAPRESMA nomor urut 1.

Lion juga berharap bahwa “Harapan terbesar saya untuk visi dan misi saya benar-benar tercapai semaksimal mungkin. Namun perlu dicatat bahwasanya visi dan misi saya tidak akan pernah tercapai bila tidak ada yang namanya interaktif dari semua mahasiswa untuk sama-sama bersinergi. Saya juga berharap semua mahasiswa Universitas Bojonegoro bisa berjalan bersama-sama dan melupakan sejenak ego masing masing untuk tetap bersama demi UNIGORO”.

Tentunya dengan adanya pemilihan pemimpin yang baru dalam suatu organisasi mahasiswa, dilakukan agar mahasiswa berani bersaing dan menjadi mahasiswa yang kritis serta dapat mengetahui kemampuannya. Di samping itu, mahasiswa sering disebut dengan ‘agent of change’, pembawa nilai-nilai peradaban. Dengan adanya kegiatan ini mahasiswa diharapkan mampu menjadi aspirasi masyarakat.

Muhammad Muchlis Mubaroq, CAPRESMA nomor 2 turut menambahkan, “Yang menjadi persiapan kami yang pertama adalah kesiapan mental. Kesiapan mental begitu penting karena hal inilah yang menjadi dasar ketika proses pemilihan berlangsung. Dan harapan kami ketika terpilih nanti akan menjadikan UNIGORO menjadi salah satu tempat inisiator karya dan menjadi pelita untuk UNIGORO, mahasiswa, dan Indonesia”, ungkapnya.

“Semoga dengan adanya pemilihan pemimpin yang baru ini nantinya dapat membawa perubahan yang baik untuk Universitas Bojonegoro dan benar-benar mampu menjadi wadah untuk mahasiswa Universitas Bojonegoro dalam menyampaikan aspirasinya dengan baik”, ujar Ketua KPUM.

Berikut ini adalah tata cara pemilihan online CAPRESMA dan CAWAPRESMA BEM KM UNIGORO 2020 :
1. Membuka link website yang sudah disiapkan oleh panitia (http://bem.unigoro.ac.id);
2. Login dengan cara memasukkan username dan password yang digunakan ketika UTS Semester Genap;
3. Memilih kandidat dengan mengklik satu kali (di tahap ini setiap mahasiswa berhak memilih CAPRESMA dan CAWAPRESMA serta DPM yang dirasa pantas. Untuk pemilihan DPM yang akan muncul di portal hanyalah calon DPM yang sesuai dengan fakultas mahasiswa masing-masing);
4. Finishing Process (klik tombol selesai dan suara pilihan sudah tersimpan).

Catatan : Password hanya bisa digunakan 1 kali, jadi para mahasiswa harus menggunakan hak pilihnya sebaik mungkin. (P2J)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

English English Indonesian Indonesian