Fakultas Hukum Unigoro Adakan Sosialisasi Pencegahan Tindakan Pencabulan Terhadap Anak

Fakultas Hukum Unigoro Adakan Sosialisasi Pencegahan Tindakan Pencabulan Terhadap Anak

Fakultas Hukum Universitas Bojonegoro, pada Sabtu (4/5) lalu mengadakan kegiatan sosialisasi terkait pencegahan tindakan pencabulan terhadap anak, yang dilakukan di Balai Desa Semanding, Bojonegoro.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan penjelasan kepada masyarakat mengenai permasalahan hukum, dan melibatkan dosen serta mahasiswa Fakultas Hukum.

Dalam acara sosialisasi tersebut turut dihadiri oleh Dr. Tri Astuti Handayani, SH, MM, M.Hum selaku Rektor Universitas Bojonegoro, Endang Susilowati, SH, MH, selaku Ketua Prodi Hukum dan para dosen dari Fakultas Hukum Universitas Bojonegoro.

Acara ini juga turut dihadiri oleh Kepala Desa, Perangkat Desa, Pengelola/Pos Paud Lestari, Pengelola KB Kartini dan guru serta Ibu PKK Desa Semanding, dan mendapatkan antusias baik dari masyarakat di desa setempat.

Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan dari masyarakat yang juga diselingi dengan konsultasi hukum terkait upaya pencegahan terjadinya pencabulan terhadap anak, yang menjadi salah satu masalah sosial yang sangat meresahkan masyarakat.

Ketua Prodi Hukum Fakultas Hukum Universitas Bojonegoro, Endang Susilowati, SH, MH, menjelaskan salah satu faktor penyebab terjadinya pencabulan terhadap anak adalah rendahnya pendidikan dan pemahaman tentang permasalahan hukum.

“Selain pendidikan rendah yang bisa menyebabkan pencabulan yakni mereka belum mengetahui tentang pengertian permasalahan hukum. Dalam kegiatan sosialisasi ini kita juga menjelasakan tentang permasalahan hukum yang dapat menjerat para pelaku pencabulan,” ujarnya.

Ia menambahkan, faktor lain yang menyebabkan maraknya kasus pencabulan yakni karena faktor penyalahgunaan teknologi informasi, pengangguran dan konsumsi minuman berakohol yang memabukkan.

Fakultas Hukum juga memberikan informasi untuk mengurangi kasus pencabulan terjadi maka perlu menjaga dalam bertingkah laku seperti cara berpakaian, dan faktor orang tua yang harus selalu mendampingi anaknya dalam menggunakan smartphone, yang merupakan salah satu sumber pengaruh besar penyebab terjadinya pencabulan anak terhadap anak.(bulan)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

English English Indonesian Indonesian