Hasil Panen Padi Petani Peserta Program Sekolah Lapang Pertanian Meningkat

Hasil Panen Padi Petani Peserta Program Sekolah Lapang Pertanian Meningkat

Tim dan para peserta Sekolah Lapang Pertanian 2019 hari ini, Sabtu (13/4) mengunjungi lahan persawahan milik salah satu peserta, yakni Ibu Lasiyem, di Desa Bonorejo, Kecamatan Gayam, yang sedang panen padi.

Dalam kunjungan tersebut, Ibu Lasiyem yang juga peserta Sekolah Lapang Pertanian (SLP) 2019, Program Pengembangan Masyarakat dari ExxonMobil Cepu Limited bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bojonegoro, mengaku panen padi kali berbeda.

Hasil panen padi kali ini lebih banyak dengan kualitas yang lebih bagus dibandingkan dengan hasil tanam di musim-musim sebelumnya.

“Yang dulu itu hanya dapat 6 karung, sekarang sudah lebih dari itu, selain itu dulu padinya banyak yang kering kalau sekarang mentes dan bagus,” ujarnya sambil memperlihatkan hasil panenannya.

Ia mengaku, rutin mengikuti pertemuan Sekolah Lapang Pertanian dan langsung mengaplikasikan ilmu yang didapatkan untuk tanaman padi miliknya, mulai dari menggunakan pupuk organik, pupuk organik cair, agens hayati dan refugia untuk mengendalikan hama tanaman.

Sementara itu, Ketua LPPM Universitas Bojonegoro, Laily Agustina Rachmawati, M.Sc., mengatakan bahwa panen padi yang dilakukan di lahan milik salah satu peserta ini merupakan simbolis dari panen raya di musim pertama para peserta SLP.

“Dalam 4 bulan pendampingan ini, para peserta melakukan improvisasi dan mengaplikasikan materi yang diberikan selama Program SLP berlangsung,” imbuhnya.

Tim LPPM Universitas Bojonegoro juga mengharapkan agar para petani peserta program yang merupakan petani di Desa Gayam, Mojodelik, Brabowan dan Bonorejo, Kecamatan Gayam, dapat kembali bisa tanam padi di musim tanam ke-2, hal yang sebelumnya jarang bisa dilakukan di wilayah tersebut.

Dalam kunjungan panen padi simbolis hari ini, juga dihadiri langsung oleh Ketua Yayasan Suyitno Bojonegoro, Arief Januwarso, S.Sos., M.Si. (humas)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

English English Indonesian Indonesian