Kuliah Umum Ekologi Industri Fakultas Saintek Unigoro

Prinsip Ekologi Industri berhubungan erat dengan pembangunan berkelanjutan dalam bentuk penggunaan sumber daya alam, menjaga hubungan kesehatan manusia dan ekologi, dan peningkatan kesetaraan lingkungan.

Hal ini disampaikan oleh Dr. Lukmandono, ST, MT, Kaprodi Magister Teknik Industri dari Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, saat memberikan kuliah umum di Gedung Mayor Sogo, Universitas Bojonegoro, Kamis (5/3) siang kemarin.

Kegiatan kuliah umum dilaksanakan oleh Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Bojonegoro dengan tema Penerapan Ekologi Industri untuk Produk yang Berkelanjutan.

Kuliah umum diikuti oleh 110 peserta dari mahasiswa prodi Teknik Industri, Kimia dan Ilmu Lingkungan, Semester 2 dan 4, serta prodi Teknik Sipil Semester 4, dan dihadiri oleh Ketua Yayasan Suyitno Bojonegoro, Arief Januwarso, S.Sos, M.Si dan Wakil Rektor III, H. M. Yasir, SH, M.Si.

Dekan Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Bojonegoro, Harjono, ST, M.Si, membuka kegiatan kuliah umum dan menyampaikan bahwa isi kegiatan tersebut mencangkup 4 program studi yang ada di Fakultas Saintek sehingga akan membawa wawasan baru bagi seluruh mahasiswa.

“Dengan adanya kuliah umum ini tentu sangat bermanfaat bagi para mahasiswa, utamanya dalam mengenal ekologi industri dan dapat mulai menerapkannya pada diri sendiri mulai sekarang,” ujar dekan.

Ia menambahkan, mahasiswa perlu aktif dalam mencari ilmu baru dalam pengembangan kompetensi diri dengan harapan setelah lulus kuliah mereka tidak kebingungan dalam mencari pekerjaan.

Sementara itu, pemateri kuliah umum Dr. Lukmandono, ST, MT, menjelaskan bahwa saat ini kondisi ekologi industri secara tersistem di Indonesia memang masih perlu banyak perbaikan, dan mahasiswa bisa turut melakukan perbaikan tersebut dengan memulai dari diri sendiri.

“Harus ada sinergi yang baik mulai dari pemerintah, swasta dan masyarakat untuk dapat menciptakan ekologi industri yang tersistem dengan baik, untuk mahasiswa bisa mulai mempraktikkannya dari diri sendiri misalnya dengan memulai menggunakan air dan listrik secara bijak,” ucap Kaprodi Magister Teknik Industri dari Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya tersebut.

Ia juga berpesan agar para mahasiswa terus semangat belajar, utamanya peningkatan kapasitas diri yang akan dapat membuka jalan yang lebar ke depannya. (humas)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

English English Indonesian Indonesian