Lomba Bedah Kasus dan Ranking 1 Meriahkan Pekan Kependudukan Universitas Bojonegoro

 

Lomba Bedah Kasus Dan Ranking 1 Meriahkan Pekan Kependudukan Universitas Bojonegoro

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kependudukan Universitas Bojonegoro pada Sabtu, (2/3/2019) mengadakan salah satu rangkaian acara Pekan Kependudukan Universitas Bojonegoro yakni Lomba Rangking 1 dan Bedah Kasus Kependudukan.

Acara tersebut dilaksakan di Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bojonegoro mulai pukul 09:00 WIB sampai dengan pukul 14:00 WIB, dan diikuti oleh 58 peserta yang merupakan anggota baru UKM Kependudukan Universitas Bojonegoro.

Lomba bedah kasus merupakan lomba berkelompok dimana 1 kelompoknya terdiri dari 3-4 orang. Peserta diberikan soal berupa masalah-masalah kependudukan di Indonesia, dan mereka diminta untuk memberikan solusi dari masalah tersebut. Soal di bacakan langsung oleh dewan juri.

Pemenang dari lomba bedah kasus tersebut adalah juara 1 Ahmad Nur Kholis DKK, Juara 2 Ulfa Nur Azizah Dkk, juara 3 muhammad Syihab dkk. Lomba selanjutnya adalah lomba ranking I. Lomba tersebut bersifat individu atau perorangan. Dalam lomba ranking I terdapat 3 babak.

Babak pertama adalah babak penyisihan, yang mana pada babak pertama ini soal yang diberikan masih berupa pilihan ganda, jadi peserta dapat memilih jawaban A atau B yang menurut mereka benar. Babak kedua adalah babak semi final, pada babak ini tersisa 5 peserta, soal yang diberikan berupa soal esai. Babak terakhir adalah babak final untuk mencari juara 1, 2, dan 3.

Juara 1 di dapatkan oleh Muhammad Syihab dari fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, juara 2 Richa Berliana dari fakultas hukum, juara 3 Gilang Rezy dari Fakultas hukum.

Lilla, ketua pelaksana kegiatan ini menuturkan kegiatan ini dilaksanakan sebagai evaluasi materi-materi kependudukan yang telah diberikan oleh pengurus dari meet up mingguannya. Juga untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya wawasan kependudukan serta untuk meningkatkan kepedulian remaja terhadap masalah kependudukan.

Sebelumnya sudah dilaksankan lomba Desain Infografis Kependudukan tingkat regional yang dilaksanakan pada bulan Februari. Adapun juaranya : juara 1 Millatie Afrih Rozana dari Jember dengan judul karya Bonus Demografi. Juara 2 : Rifqi Ilham Nur Ismail dari Bojonegoro dengan judul karya Usia Produktif. Juara 3 David Kristanto dari Malang dengan judul karya Indeks Pembangunan Manusia Provinsi Papua. Dan juara favorit Ahmad Nur Kholis dari Bojonegoro dengan judul karya Urbanisasi. (tim ukm)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

English English Indonesian Indonesian