Mahasiswa Diminta Aktif Berperan Sosialisasikan Isu Kependudukan

Masalah kependudukan menjadi salah satu hal yang menjadi sorotan di Indonesia, kegagalan pengendalian penduduk dapat berdampak pada berbagai aspek pembangunan, seperti aspek sosial, ekonomi, politik, daya dukung alam dan daya tampung lingkungan.

Hal ini juga disampaikan oleh Kabid Pengendalian Penduduk Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur, Dra. Sofia Hanik, M.M., dalam sosialisasi “Program Pengendalian Penduduk”, di Aula Universitas Bojonegoro, Senin (26/11) sore tadi.

Kegiatan sosialisasi yang diikuti oleh 270 peserta dari mahasiswa Unigoro tersebut banyak membahas tentang permasalah kependudukan yang sudah terjadi saat ini di masyarakat.

“Saya berharap mahasiswa bisa ikut berperan dalam mengatasi isu-isu terkait kependudukan yang ada di lingkungan sekitarnya,” ujarnya di hadapan para peserta.

Beberapa isu kependudukan yang dibahas diantaranya adalah masalah pernikahan dini, pergaulan remaja, hingga gangguan pertumbuhan anak (stunting).

Selain dari Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Rektor Universitas Bojonegoro, Slamet Kyswantoro, S.E., M.M., juga turut memberikan sosialisasi bagi para mahasiswa, utamanya berkaitan dengan bonus demografi yang harus dimanfaatkan oleh para generasi muda.

“Sebagai generasi muda harus bisa memanfaatkan bonus demografi yang terjadi di Indonesia saat ini, tentu juga harus ada program penunjang peningkatan kualitas sumber daya manusia yang harus dilakukan oleh pemerintah,” jelasnya.

Bonus demografi sendiri adalah besarnya penduduk usia produktif antara 15 tahun hingga 64 tahun dalam suatu negara. Badan Pusat Statistik (BPS) memprediksi bonus demografi yang dimiliki Indonesia saat ini akan berakhir tahun 2036 mendatang.

Kegiatan sosialisasi merupakan program Perwakilan BKKBN Jawa Timur bersama Komisi IX DPR RI, difasilitasi Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3AKB) Kabupaten Bojonegoro dan Universitas Bojonegoro.

Selain kegiatan sosialisasi, juga dilakukan serah terima bantuan alat operasional untuk Pojok Kependudukan yang dikelola oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kependudukan Universitas Bojonegoro, yang sudah eksis dan turut serta mensosialisasikan program pemerintah berkaitan dengan kependudukan. (hms)

You may also like...

English English Indonesian Indonesian