Mahasiswa Fakultas Pertanian Berbagi Ribuan Bibit Holtikultura

bibit pertanian

AKSI SOSIAL: Para mahasiswa Fakultas Pertanian Unigoro berfoto bersama saat membagikan bibit cabe.

 

AKSI sosial dengan cara berbeda dilakukan Himpunan Mahasiswa Agribisnis (Himagri) Universitas Bojonegoro. Senin  (19/6/ 2017), organisasi ini melakukan kegiatan social berupa pembagian bibit holtikutura.

Kegiatan ini dilakukan di seputaran Alun-Alun Kota Bojonegoro, Taman Rajekwesi, dan Desa Pacul (Kecamatan Kota), serta Desa Tapelan, Desa Tanjungharjo, hingga Desa Wedi (Kecamatan Kapas).

”Tujuan utama dari kegiatan tersebut adalah menggali dan meningkatkan potensi mahasiswa pertanian dalam agrotek, khususnya pembibitan,” kata Ahmad Fauzi, ketua Himagri Unigoro. Aksi sosial ini mendapat sambutan baik masyarakat sekitar.

Fauzi menjelaskan, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menumbuhkan kesadaran betapa pentingnya menanam tanaman dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah.

Sehingga, kebutuhan pangan yang berkaitan kebutuhan dapur dapat terpenuhi dengan cara menanam tanaman itu sendiri. ”Mengingat, pada waktu tertentu kebutuhan akan bahan pokok bisa saja naik sehingga bermanfaat untuk rumah tangga dengan ekonomi menengah ke bawah atau semuanya,” katanya.

Bibit yang dibagikan mayoritas tanaman cabe atau lombok. Bibit tersebut didapat dari Fakultas Pertanian Unigoro yang dikembangkan melalui teknik pembibitan modern oleh mahasiswa Fakultas Pertanian dan dibina oleh dosen pendamping.

Sehingga, mendapatkan produk unggul bibit cabe dengan kualitas terbaik. Dari hasil pembibitan terkumpulah bibit cabe hingga ribuan untuk dibagikan kepada masyarakat Bojonegoro.

Ketua Himagri Ahmad Fauzi menambahkan, kegiatan sosial ini juga telah direncanakan dan dikoordinasikan dengan anggota BEM sebagai program kerja Fakultas Pertanian.

”Harapan dengan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat Bojonegoro akan pentingnya menanam tanaman holtikutura untuk diri sendiri maupun lingkungan,” imbuhnya. (Sinta)

You may also like...