Petani Program SLP Belajar Membuat Pemacu Pertumbuhan Padi

Sebanyak 96 petani di Desa Gayam, Mojodelik, Bonorejo dan Brabowan, Kecamatan Gayam mulai belajar membuat pemacu pertumbuhan (booster) bagi tanaman padi.

Pelatihan pembuatan booster tanaman dilakukan di Aula Kecamatan Gayam, Jum’at (22/2) dan dipandu oleh tenaga ahli pertanian Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bojonegoro, Ir. Darsan, M. Agri.

Ada dua jenis booster tanaman padi yang dipraktikkan secara langsung dalam pertemuan ke-7 Program Sekolah Lapang Pertanian (SLP) 2019 tersebut, yakni yang berbahan buah-buahan busuk, dan berbahan dasar telur ayam.

Ir. Darsan, M. Agri, menjelaskan, untuk booster dari bahan buah atau sayuran busuk tersebut baru akan siap digunakan setelah difermentasikan selama 2 minggu, sementara untuk booster dari campuran telur ayam, madu dan susu dapat langsung disemprotkan ke tanaman.

“Fungsi pemacu pertumbuhan padi ini pada dasarnya yakni untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman padi pada saat fase vegetatif dan meningkatkan kualitas dari produk padi itu sendiri saat fase generatif,” ujar Dekan Fakultas Pertanian Universitas Bojonegoro tersebut.

Ia menambahkan, booster tanaman ini sendiri bisa disemprotkan ke tanaman padi mulai usia 30-35 hari untuk meningkatkan pertumbuhannya.

Sementara itu, para peserta yang hadir di Sekolah Lapang Pertanian mencoba langsung membuat booster dengan menggunakan bahan-bahan yang disiapkan, dengan cara dicampur menggunakan blender.

Seperti yang diketahui, Program Sekolah Lapang Pertanian (SLP) merupakan bagian dari Program Pengembangan Masyarakat ExxonMobil Cepu Limited yang bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bojonegoro.

Program pendampingan kepada 105 petani di 4 desa ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan hasil pertanian dan kesejahteraan dari para petani. (hms)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

English English Indonesian Indonesian