PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI

Teknik Industri (Industrial Engineering) merupakan bagian ilmu teknik yang menggabungkan beberapa disiplin ilmu dengan penekanan pada kaitan ilmu keteknikan dan ilmu manajemen.

Sebagai ilmu keteknikan (rekayasa) pendekatan Teknik Industri lebih pada antara lain :

  1. Disain
  2. Analisis
  3. Rancang bangun dan ;
  4. perbaikan sistem integral yang terdiri atas manusia, mesin/peralatan, bahan, energi, dan informasi.

Lulusan Teknik Industri memiliki kompetensi, ketrampilan, dan pengetahuan tentang

  1. Manajemen industri yang menekankan pada upaya perencanaan
  2. Pengorganisasian,
  3. Pengoperasian dan pengendalian proses produksi secara lebih efektif dan efisien;
  4. Sistem Manufaktur yang menekankan pada perencanaan dan optimasi sistem produksi.
  5. Perencanaan Sistem Industri yang menekankan pada perencanaan sistem industri secara makro yang membahas hubungan suatu industri dengan lingkungannya.

Sarjana Teknik Industri dapat bekerja dan berkarir antara lain sebagai berikut :

  1. Industri Manufaktur pada bagian sistem Otomasi, Manajemen Persediaan, Logistik, Manajemen Operasi, Manajemen Produksi dan Pergudangan;
  2. Industri Jasa pada bagian Manajemen Klien, Industri Perumanahan dan Bank Komersial, Konsultan Keuangan, Sistem Kesehatan dan Konsulatan Sumber Daya Manusia);
  3. Penelitian dan Pengembangan (Analisis Data, Keamanan dan Penyelamatan Lingkungan dan Rekayasa Faktor Manusia);
  4. Manajemen Bisnis (Strategi Bisnis Investasi Perbankan, Manajemen Analisis, Manajemen Proyek dan Pengembangan Bisnis);
  5. Teknologi Informasi (Integrasi Komputer, Perancangan Database, Telekomunikasi dan Pengembangan Web);

Mungkin sedikit mengejutkan jika kita mendengar penjelasan bahwa Teknik Industri: • adalah “efficiency experts” di antaranya adalah :

  1. Berorientasi pada sistem yang terintegrasi (Memenej manusia dan mesin)
  2. Dapat bekerja dimana saja selama disitu terdapat sistem •
  3. Sebagai perantara antara engineers dan management. •
  4. Lebih mudah untuk bergerak ke upper management

Dinamika tuntutan kebutuhan

Saat ini, salah satu perguruan tinggi yang memiliki program studi Teknik Industri adalah Univerisitas Bojonegoro, teknik industri Univerisitas Bojonegorosecara bertahap mulai tumbuh dan berkembang mengikuti dinamika tuntutan kebutuhan industri, baik nasional maupun global. Lalu, apa yang membedakan Teknik Industri Univerisitas Bojonegorodengan jurusan teknik industri di universitas lain di Indonesia? Yang membedakan adalah Teknik Industri Univerisitas Bojonegorosangat fokus pada sistem, seperti dilihat dari 2 bidang peminatan yang ditawarkan, yaitu: Rekayasa Sistem Industridan Manajemen Sistem Industri. Artinya, lulusan Teknik Industri Univerisitas Bojonegoro didesain untuk terserap secara lebih baik di berbagai bidang industri.

Alumni Teknik Industri akan mampu bekerja di berbagai macam industri, mulai dari manufacturing sampai industrial service.

Pada industri manufaktur, Lulusan bisa bekerja di AHM, Orang Tua, Honda, Daihatsu, Yamaha, Maersk, Cakratunggal Steel, Suzuki, Sosro, United Tractors,Panarub Industry, Sharp Electronic, Sinarmas Pulp & Paper,dan banyak perusahaan lainnya.

Sementara pada industrial service, lulusan Teknik Industri bisa bekerja di Citibank, Price Waterhouse Coopers, Accenture, Altus Consulting, BCA, BRI, Panin Bank, Commonwealth, Garuda Food, Kawan Lama Group, UOB, HM Sampoerna, Bank Mandiri, RPX Logistics, Pharos, dan banyak perusahaan lainnya.

Kini, sebagai bagian dari masyarakat global, jurusan Teknik Industri Universitas Bojonegoro sadar akan penambahan pengetahuan untuk para mahasiswa dan dosen-dosennya, melalui organisasi BKSTI-PII (Badan Kejuruan Teknik Industri – Persatuan Insinyur Indonesia) sebagai wadah asosiasi professional dari Teknik Industri. Usaha pengenalan dan pengalaman berorganisasi bertaraf Nasional ini dilakukan melalui partisipasi dalam program profesi para ahli teknik dalam pembangunan nasionalSerta menghimpun segenap Ahli teknik Indonesia dalam usaha meningkatkan produktifitas nasional.

 

English English Indonesian Indonesian