Sejarah

SEJARAH FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik merupakan salah satu Fakultas yang ada di Universitas Bojonegoro, berdiri dan dibesarkan dari lingkungan Pendidikan Yayasan Suyitno.

Bojonegoro merupakan nama Kabupaten yang masuk wilayah Propinsi Jawa Timur tepatnya paling ujung barat yang berbatasan dengan Propinsi Jawa Tengah.

Universitas Bojonegoro didirikan pada tanggal 9 April 1981 oleh para cendekiawan dan tokoh  masyarakat, dibantu dan didukung oleh  beberapa alumni dan Pejabat Pemerintah.

Badan penyelenggara Universitas Bojonegoro adalah Yayasan Suyitno Bojonegoro,  sebagai   Badan  Hukum  dengan   Akte  Notaris yang diubah terakhir nomor :  75,  tanggal 17 Desember 2013

Pada awal pendiriannya, Universitas Bojonegoro memiliki tiga Fakultas yaitu :

  1. Fakultas Hukum ( FH ),
  2. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik ( FISIP ),
  3. Fakultas Pertanian ( FP ), dengan status operasional.

Selanjutnya Universitas Bojonegoro mendapat Status terdaftar program Sarjana Muda.

Setelah prinsip-prinsip pendidikan akademis dapat diselenggarakan secara baik maka Pada tahun 1982 didirikan dua Fakultas yaitu :

  1. Fakultas Ekonomi ( FE )
  2. Fakultas Teknik ( FT )

sehingga Universitas Bojonegoro mempunyai lima Fakultas sampai sekarang dengan program Sarjana ( S-1 ) dan telah melaksanakan akreditasi Program Studi sebanyak 3 ( tiga ) kali  mulai tahun 2002 s/d sekarang.