UKM Kependudukan Peduli Warga Terdampak COVID-19

UKM Kependudukan Universitas Bojonegoro usai melaksanakan kegiatan Bakti Sosial pada hari Minggu, 19/4/2020, kemarin. Kegiatan ini diwujudkan sebagai bentuk kepedulian UKM Kependudukan terhadap masyarakat yang tengah dilanda krisis ekonomi karena adanya COVID-19.

Sasaran dari bentuk kepedulian ini adalah masyarakat yang berprofesi sebagai tukang becak. Bantuan yang sudah disiapkan sebanyak 30 paket sembako. 1 paket sembako tersebut terdiri dari beras 1 kg, minyak goreng 500 ml, dan mie instan 2 bungkus. Titik lokasi kegiatan baksos ini tidak hanya pada satu tempat, tetapi terdiri dari lima tempat sebagai sasarannya.

Rahmatulillahi Ta’ala, Ketua Umum UKM Kependudukan, menjelaskan bahwa penghasilan mereka tidak hanya turun namun juga tidak memiliki penghasilan sama sekali. Untuk itu kami melakukan baksos untuk meringankan beban ekonomi masyarakat yang terdampak virus Corona terutama tukang becak.

Pandemi COVID-19 ini sudah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia, adanya wabah ini tidak hanya membuat sektor pendidikan terganggu namun juga menyebabkan perekonomian negara tidak stabil. Akibat pandemi tersebut membuat golongan masyarakat yang paling terkena dampaknya ialah golongan ekonomi masyarakat menengah ke bawah yang sebagian besar bekerja di sektor informal.

“Harapan saya selaku Pembina UKM Kependudukan, kita menjadi insan yang peka dan tanggap dengan permasalahan kependudukan dan dengan bantuan-bantuan ini paling tidak dapat meringankan masyarakat yang terdampak COVID-19”, ujar Dra. Ida Swasanti, MM., M.Si.

Pembina UKM Kependudukan juga menambahkan bahwa dengan terjadinya pandemi Corona ini banyak masalah lain yang timbul di lingkungan kita. Dan bukan saat ini saja, naluri sosial dan tanggap masalah kependudukan akan menjadikan mahasiswa yang cerdas dan berempati pada masyarakat.

Dengan melakukan kegiatan bakti sosial ini, UKM Kependudukan akan semakin giat untuk melakukan kegiatan kemasyarakatan ke depannya. Anggota UKM Kependudukan akan menjadi lebih tanggap tentang kondisi yang terjadi sekarang ini. (P2J)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

English English Indonesian Indonesian