UKM Pencak Silat Unigoro, Wujud Dukungan Bojonegoro Sebagai Kampung Pesilat

silat

SOLID: UKM Pencak Silat berpose setelah tampil dalam acara Dies Natalis Unigoro.

UNIT Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah suatu kegiatan di luar kelas dalam lingkup internal kampus yang menjadi wadah aktivitas pengembangan minat, bakat, dan keahlian yang dimiliki mahasiswa. Salah satunya adalah UKM Pencak Silat di kampus Universitas Bojonegoro (Unigoro).

Menurut Adi Saputra, ketua UKM Pencak Silat Unigoro, keberadaan UKM ini tidak lain sebagai bentuk dukungan mewujudkan Bojonegoro sebagai Kampung Pesilat. Sehingga kegiatan serupa dilakukan di lingkup kampus.

”Saya berharap dengan adanya UKM Pencak Silat di Universitas Bojonegoro dapat membantu mewujudkan Bojonegoro sebagai Kampung Pesilat dan mengembangkan budaya pencak silat dalam kampus,” ujarnya.

UKM Pencak Silat di Universitas Bojonegoro memiliki tiga devisi, yaitu PSHT, IPSNU PN, dan IKS PI KS. Latihan masing-masing devisi perguruan silat tersebut memiliki jam dan hari yang berbeda.

Setiap Selasa dan Kamis pukul 13.00 WIB, digunakan divisi PSHT. Disusul Rabu pukul 20.00 WIB, digunakan latihan devisi IKS PI KS, dan IPSNU PN pada Selasa pukul 20.00 WIB.

Meski UKM Pencak Silat tergolong masih baru di kampus, namun sudah membuat gebrakan prestasi yang mengangkat nama Universitas Bojonegoro. Di antaranya menyabet juara 2 dalam kejuaraan pencak silat yang diadakan di Universitas Jember, 2016 lalu.

”Juara 2 kami raih dalam turnamen se-Jawa-Bali yang diadakan di Universitas Jember pada 2016 lalu,” kata mahasiswa Fakultas Teknik tersebut.

Adi juga berharap nantinya calon mahasiswa baru diminta untuk lebih kreatif dalam mengembangkan budaya ini yang dari Indonesia sendiri agar dapat berprestasi menjunjung nama baik Universitas Bojonegoro, UKM, dan masyarakat sekitarnya. (handhis)

You may also like...