UPKBH-BEM FH Unigoro Adakan Sosialisasi Pendaftaran Hak Atas Tanah dan Konsultasi Hukum Gratis di Kecamatan Malo

UPKBH-BEM FH Unigoro Adakan Sosialisasi Pendaftaran Hak Atas Tanah Dan Konsultasi Hukum Gratis Di Kecamatan Malo

Unit Pelayanan dan Konsultasi Bantuan Hukum (UPKBH) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Universitas Bojonegoro membuka Konsultasi Hukum Gratis bagi warga masyarakat Desa Tinawun Kecamatan Malo.

Tidak hanya Konsultasi Hukum Gratis saja tetapi dalam kegiatan ini juga melaksanakan sosialisasi pendafataran Hak Atas Tanah. Acara ini dilaksanakan pada hari Minggu (3/02) kemarin Pagi dan berlangsung diadakan di Balai Desa Tinawun.

Dalam kesempatan kegiatan tersebut dihadiri beberapa struktural Fakultas Hukum Universitas Bojonegoro, antara lain Kaprodi Fakultas Hukum Endang Susilowati,SH., MH., Kabiro Mahasiswa Didiek Wahju Indarta, SH., S.p1., Kasubag Fakultas Hukum Ismiatun, SE., Mochammad Mansyur, SH., MH., selaku Ketua UPKBH serta dihadiri juga dari pihak perwakilan dari Kecamatan Malo.

Jaya Andris Setiawan Selaku Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum mengatakan kegiatan yang dilaksanakan tersebut merupakan kegiatan UPKBH (Unit Pelayanan dan Konsultasi Bantuan Hukum) dan BEM Fakultas Hukum untuk memberikan wawasan dan sosialiasi terkait Pendafataran hak atas tanah kepada masyarakat agar terwujud jaminan kepastian dan perlindungan hukum.

“Untuk acara kemarin yaitu kegiatan dari UPKBH dan BEM Fakultas Hukum untuk memberikan sosialisasi ke masyarakat serta membuka konsultasi hukum gratis bagi warga Desa Tinawun dan sekitarnya,” ungkapnya.

Dalam acara itu ia menyebutkan, setelah dilakukan sosialisasi mengenai tanah, kegiatan berlanjut dengan membuka konsultasi hukum warga kepada masyarakat yang cukup antusias untuk mengikutinya mulai dari pertanyaan mengenai sengketa tanah, pembunuhan, pencurian, dll.

Sementara itu, Denia Isna Syahida, ketua pelaksana kegiatan mengatakan, acara ini sendiri sebagai wujud program kerja dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Universitas Bojonegoro dan Kegiatan tersebut sebagai pengabdian kepada masyarakat.

“Selaku ketua pelaksana kegiatan, saya pribadi merasa bangga dan ucapan terima kasih sebesar-besarnya atas antusias dan semangat warga desa tinawon kec.Malo terkait sosialisasi dan bantuan hukum gratis tersebut,” ucapnya.

Dalam kegiatan sosialisasi pendaftaran hak atas tanah dan konsultasi hukum gratis ini memang mendapatkan respon yang cukup baik dari para warga, ada sedikitnya 50 orang warga yang melakukan konsultasi dengan UPKBH Fakultas Hukum Universitas Bojonegoro.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, masyarakat umum, khususnya warga Desa Tinawun dapat memahami dan lebih cakap mengenai hal-hal yang berkaitan dengan hukum.

Selain itu, hal ini juga merupakan wujud nyata pengabdian langsung Fakultas Hukum Universitas Bojonegoro kepada masyarakat dengan tujuan dapat membantu dan memberikan solusi terhadap masalah-masalah yang berkaitan dengan bantuan hukum. (bln)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

English English Indonesian Indonesian