Wujudkan Desa Belun Sebagai Desa Agrowisata melalui KKN Tematik

kkn belun

PEMBERDAYAAN: Kelompok 3 bersiap menanam kelengkeng saat KKN di Desa Belun, Kecamatan Temayang.

 

BERAGAM tema diangkat dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Bojonegoro (Unigoro) tahun 2017 ini. Meski program yang diajukan beragam, semua program KKN dari 9 kelompok yang dilaksanakan pada 29 Juli hingga 26 Agustus 2017 tersebut bermuatan pemberdayaan masyarakat.

Kelompok 3, misalnya. Kelompok yang diketuai oleh Dwi Cahyo Wasisto, mahasiswa Fakultas Teknik ini bertempat di Desa Belun Kecamatan Temayang. Kelompok 3 mengangkat tema “Pemberdayaan Masyarakat Desa Belun Untuk Mewujudkan Desa Agro Wisata Kelengkeng Berbasis Pekarangan Warga.”

“Kami mengangkat tema ini karena BUMDes sudah mengeluarkan program agrowisata kelengkeng sebagai percontohan untuk para warga Desa Belun. Kemudian, kami memfasilitasi warga dengan gerakan menanam seratus pohon kelengkeng di pekarangan milik warga, di lahan private,” ujar Riya selaku wakil ketua Kelompok 3.

Setelah satu bulan menjalankan KKN Tematik impact-nya berhasil menambah rasa kepedulian warga dalam perawatan tanaman kelengkeng. Mulai dari penanaman, pemupukan, dan pengolahan kelengkeng. ”Antusiasme warga dalam mewujudkan desa agrowisata juga semakin bertambah,” tutur Riya.

Untuk kelanjutan program tersebut Kelompok 3 membantu pembuatan website untuk promosi desa agro wisata dan pemasaran pegolahan kelengkeng. (FeNov)

You may also like...