Vaksinasi 1, 2, dan Booster untuk Mahasiswa Universitas Bojonegoro Bersama Polres Bojonegoro

Dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 Universitas Bojonegoro bersama Polres Bojonegoro menyelenggarakan gerai vaksin jenis astrazenica. Kegiatan vaksinasi dilaksanakan di Aula Suyitno Universitas Bojonegoro, Kamis (24/02/2022). Pelayanan vaksinasi untuk dosis 1, 2, dan booster di mulai pukul 08.00 WIB dengan prosedur yang sudah ditentukan oleh petugas. Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor Unigoro Dr. Tri Astuti Handayani, SH., MM., M.Hum., Wakil Rektor III Dr. H.M Yasir, SH., M.Si., dan Kasat Kapolres Bojonegoro AKP Sujono, SH., M.Hum.

Tujuan dari dilaksanakannya vaksinasi ini adalah untuk meningkatkan imunitas tubuh yang lebih kuat dari ancaman virus Covid-19. Selain itu juga untuk membentuk Herd Immunity atau kekebalan secara menyeluruh bagi warga Kabupaten Bojonegoro dan yang paling penting adalah mengajak membangun kesadaran secara kolektif bagi seluruh warga masyarakat Kabupaten Bojonegoro untuk mengambil peran tugas dan tanggung jawab menghentikan penyebaran Covid-19 sehingga Covid-19 di wilayah Kabupaten Bojonegoro ini bisa dihentikan paling tidak bisa dicegah untuk tidak menular ke seluruh warga Kabupaten Bojonegoro.

Tujuan dari kepolisian melaksanakan kegiatan ini adalah agar masyarakat bisa melaksanakan aktivitas dalam keadaan sehat sehingga keadaan bisa tumbuh dan berkembang, kalau tumbuh dan berkembang bisa menghasilkan produktifitas sehingga masyarakat Kabupaten Bojonegoro bisa mencapai taraf kesejahteraan dalam kehidupannya. Pelaksanaan vaksin yang di Unigoro hanya sekitar 36 orang, tapi pencapaian yang ada di seluruh Kabupaten Bojonegoro saat ini sudah mencapai 94,5 % itu manual untuk kcpnya 92%.

“Harapan yang berikutnya kita sebagai generasi yang saat ini harus bisa memberikan kontribusi kepada generasi-generasi yang akan datang sehingga nanti kita bisa mewariskan bumi ini kepada generasi yang akan datang atau anak cucu dalam keadaan sehat, dan dunia tidak dalam keadaan terkontaminasi Covid-19. Diharapkan nanti pendidikan juga bisa berjalan dengan baik karena tidak terkontaminasi Covid-19, aktivitas juga bisa berjalan dengan baik karena tidak kontaminasi Covid-19, sehingga kemajuan yang saat ini kita rasakan itu bisa dinikmati oleh generasi setelah kita atau anak cucu kita, itu yang paling penting.” ujar AKP Sujono.

Tim vaksinasi berasal dari Rumah Sakit Bhayangkara kemudian Rumah Sakit Sosodoro dan rumah sakit-rumah sakit yang lain bisa melaksanakan vaksinasi juga di 36 Puskesmas yang ada di Kabupaten Bojonegoro. Selain itu, juga bisa melaksanakan vaksinasi ke bidan yang ada di seluruh desa yang ada di Kabupaten Bojonegoro. Dan sekarang telah muncul vaksin terbaru yaitu vaksin booster. Hal ini didasarkan atas bukti ilmiah bahwa vaksin booster mampu meningkatkan imunitas tubuh menghadapi wabah Covid-19. Universitas bojonegoro tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat saat menggelar vaksinasi dosis 1, 2, dan booster. Hal ini dimaksudkan agar kegiatan tidak menimbulkan kasus penularan baru di tengah peningkatan angka kasus Covid-19 Omicron di Indonesia.

“Vaksinasi yang kami laksanakan di kampus Unigoro, diharapkan anak-anak muda bisa menjadi pelopor bagi keselamatan dan kesehatan bagi seluruh warga masyarakat Kabupaten Bojonegoro dan ikut membantu kepolisian, membangun kesadaran seluruh warga masyarakat untuk turut membangun kesadaran secara kolektif bagi seluruh warga masyarakat Kabupaten Bojonegoro untuk tetap mematuhi prokes dan memvaksinkan diri mereka masing-masing. Vaksin yang mereka lakukan berarti telah memberikan kontribusi kepada kesehatannya, kesehatan keluarganya, dan masyarakat di sekitarnya.” Imbuhnya.

“Kegiatan ini menandakan bahwa Unigoro ingin membantu atau kita mendukung program pemerintah, artinya pemerintah mengharapkan masyarakat melakukan vaksinasi booster dan vaksin 1 maupun 2 bagi yang belum. Unigoro siap, karena jargon kami adalah Kami Ada Untuk Indonesia.” Ujar Kadar Cahyo Angkoso, S.Kom.

 

-Tim Jurnalis UKM P2J