36 Peserta Bidikmisi Jalani Tes Tulis dan Wawancara

Universitas Bojonegoro kembali memberikan kesempatan kepada siswa-siswi yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang perkuliahan tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun melalui beasiswa bidikmisi.

Hal ini dimanfaatkan oleh beberapa siswa yang mempunyai niatan serta prestasi yang dilaksanakan pada Rabu, 25 Juli 2018 di Gedung Fakultas Ekonomi Universitas Bojonegoro.

Pihak Universitas Bojonegoro melakukan penjaringan melalui beberapa tes, di antaranya tes tulis dan wawancara untuk calon peserta penerima beasiswa.

Tes ini diikuti oleh 42 pendaftar dengan prodi yang berbeda, yaitu 7 agribisnis, 12 ekonomi pembangunan, 9 administrasi negara, 5 hukum, serta 8 teknik sipil. Namun, karena terdapat berbagai alasan situasi dan kondisi, hanya tercatat 36 peserta yang mengikuti.

Materi yang diujikan dalam test tulis sesuai dengan materi saat di SMA, yaitu matematika, bahasa inggris, dan bahasa indonesia. Tes tulis dan wawancara ini merupakan awal dari beberapa ujian yang dilakukan, dan memiliki bobot tersendiri.

Nia Sukmawati salah satu peserta bidikmisi dari SMK Negeri 4 Bojonegoro mengungkapkan dirinya bersyukur dapat mengikuti tes bidikmisi dan berharap lolos sebagai penerima beasiswa, agar tidak membebani orang tuanya dalam hal biaya kuliah.

“Saya mengikuti test ini agar bisa meringankan beban orang tua, beasiswa bidikmisi di Universitas Bojonegoro menjadi salah satu peluang yang saya ambil karena selain bisa berkuliah gratis, Unigoro juga merupakan kampus yang bagus untuk menuntut ilmu,” ujarnya.

Sementara itu, Didiek Wahju Indarta, SH, Sp.1 selaku Biro Kemahasiswaan mengharapkan tes seleksi bidikmisi tahun ini dapat menjaring calon mahasiswa baru yang berkualitas dan terbaik.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Yayasan Suyitno Bojonegoro (YSB), Arief Januwarso, S.Sos, M.Si, yang mengharapkan peluang beasiswa bidikmisi dapat menjadi motivasi agar generasi muda semangat untuk berprestasi tanpa takut tidak memiliki biaya.

“Dengan adanya beasiswa bidikmisi ini harapan kami akan mendapatkan mahasiswa yang berprestasi dan dapat menjadikan motivasi bagi generasi muda bahwa saat berprestasi jangan takut tidak bisa kuliah karena faktor biaya,” tuturnya.

Setelah melakukan tes tulis dan wawancara pada Rabu kemarin, selanjutnya dilakukan penilaian untuk menjaring mahasiswa yang dinilai layak mendapatkan beasiswa, pengumuman sendiri akan dilakukan pada minggu depan. (tim)

You may also like...