UKM P2J Goes to Communities (Pembentukan Karakter untuk Membangun Generasi Bangsa di SDN II Mojoranu, Kec. Dander, Kab. Bojonegoro)

(20/11/2021) UKM P2J Universitas Bojonegoro menyelenggarakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang terbagi menjadi beberapa kelompok dan juga berbagai tema, salah satunya dari kelompok satu dengan tema “Pembentukan Karakter untuk Membangun Generasi Bangsa” di SDN II Mojoranu, Kec. Dander, Kab. Bojonegoro yang diselenggarakan pada tanggal 19-20 November 2021. Kegiatan yang dilaksanakan ini diawali dengan acara pembukaan yaitu sambutan dari Kepala Sekolah, Ibu Nur Hasanah, S.Ag. dan ketua dari kelompok 1 yaitu Dwi Andika Yudistira. Dan tak lupa dengan siswa-siswi SDN II Mojoranu dari kelas 3, 4 dan 5 yang ikut serta dalam acara pembukaan.
Melaksanakan pengabdian di Sekolah Dasar dengan tema “Pembentukan Karakter untuk Membangun Generasi Bangsa” dengan tujuan untuk membantu menerapkan karakter sejak dini, karena karakter sangat penting bagi kehidupan. Karakter adalah bagaimana cara berfikir ataupun bertingkah laku, dari karakter seseorang bisa mengenal atau menilai mana orang yang baik dan mana yang tidak, contohnya percaya diri, rajin, ramah dan lain-lain.
Pembentukan karakter memang sangat perlu dilakukan. Ini merupakan cara paling baik untuk memastikan para murid memiliki kepribadian dan karakter yang baik dalam hidupnya. Membentuk karakter ini dapat membantu meningkatkan prestasi akademik anak didik guna penyempurnaan diri kearah hidup yang lebih baik.
Bangsa kita juga butuh pemuda atau generasi penerus bangsa yang mampu bertanggung jawab. Dikarenakan jika Kurangnya pembentukan karakter akan menimbulkan krisis moral yang berakibat pada perilaku negatif di masyarakat, misalnya pergaulan bebas, penyalahgunaan obat-obat terlarang, pencurian, kekerasan terhadap anak, dan lain sebagainya. Dan adanya Covid-19 ini pasti menurunkan semangat para siswa-siswi untuk belajar, dan suka bermalas-malasan dengan bermain gadget ataupun dengan teman sebaya, hal itu juga mempengaruhi mereka dalam pembentukan karakter. Maka dari itu lebih baik mencegah daripada mengobati, salah satunya dengan cara pengabdian.
Kegiatan yang dilakukan kelompok 1 ini yaitu pemberian soal untuk dikerjakan serta pembahasannya, dan juga senam, pasti tidak lupa dengan keseruan yang menyenangkan yaitu adanya beberapa game untuk menghibur adik-adik, kelompok 1 juga menyiapkan hadiah untuk para pemenang.
Kehadiran anggota UKM P2J di SDN II Mojoranu membuat adik-adik kembali ceria dan semangat. “Terimakasih kakak-kakak dari unigoro yang datang kesini sudah membuat kami senang.” Ucap dari salah satu siswa kelas 5.
Ibu Kepala Sekolah juga berterima kasih atas kehadiran mahasiswa dari Universitas Bojonegoro, “Alhamdulillah acara berjalan lancar dan saya sangat berterima kasih pada mahasiswa Universitas Bojonegoro yang memberikan dampak positif dengan cara membantu anak-anak dalam pembentukan karakter. Dengan kedatangan kakak-kakak ini memberi suasana baru, memberi inspirasi baru bagi anak-anak, saya selaku kepala sekolah selalu menyambut dengan baik kedatangan para mahasiswa dari Universitas Bojonegoro.”
Dari pengabdian ini dapat disimpulkan bahwa pembentukan karakter adalah hal yang penting untuk dilakukan, dari karakter, kita belajar hidup yang lebih baik, baik untuk sekarang maupun masa yang akan datang. Adanya Covid-19 tidak menjadi alasan untuk anggota UKM P2J yang melakukan pengabdian, bagi anggota UKM P2J dengan adanya pengabdian membuat mereka dekat dengan masyarakat sekitar.

-Tim Jurnalis UKM P2J

You may also like...

English EN Indonesian ID