UKM P2J Goes to Communities (Peduli Lingkungan dan Lestarikan Alam Sejak Dini di SDN Kedungjambe II, Kec. Singgahan, Kab. Tuban)

UKM P2J Universitas Bojonegoro khususnya kelompok 6 melaksanakan pengabdian masyarakat dengan tema “Peduli Lingkungan dan Lestarikan Alam Sejak Dini”. Pengabdian ini dilakukan di SDN Kedungjambe II yang berlokasi di Dusun Galoh, Desa Kedungjambe, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban. Pengabdian ini berlangsung selama 2 hari tepatnya pada hari Jumat dan Sabtu, 19-20 November 2021.

Pengabdian ini dimulai pada pukul 07.00 WIB dan berakhir pada pukul 10.30 WIB. Dalam pengabdian ini mahasiswa tidak hanya berfokus pada pemberian materi saja, tetapi mereka juga mengajak siswa-siswi SDN Kedungjambe II untuk mempraktekkannya dengan menanam bibit jambu di lingkungan sekolah. “Dalam pengabdian ini kita juga melakukan tanam bibit bersama dengan harapan apa yang kita tanam tersebut bisa bermanfaat serta memberi contoh yang positif bagi siswa-siswi SDN Kedungjambe II maupun bagi masyarakat sekitar.” Ucap Faiq Rofiqi selaku ketua pelaksana dalam pengabdian ini.

Tidak hanya proses pembelajaran secara indoor, siswa-siswi SDN Kedungjambe II juga diajak untuk berproses secara outdoor. Hal ini dilakukan dengan berjalan-jalan dipagi hari untuk mengamati kondisi lingkungan disekitar sekolah. Perlombaan atau outbond juga dilaksanakan pada hari kedua untuk menambah semangat siswa-siswi SDN Kedungjambe II. Permainan yang dilakukan adalah lomba makan kerupuk, lomba estafet kelereng, dan lomba estafet karet. Dengan adanya outbond ini tentu saja menghidupkan kembali semangat para siswa yang sempat kelelahan karena jalan-jalan pagi dan senam yang dilakukan sebelumnya.

“Harapan kami sebagai tuan rumah adalah supaya siswa-siswi kami juga ikut peduli terhadap lingkungan dan sebagai pembelajaran anak didik kami untuk bisa mengembangkan bakat dan minatnya serta untuk ikut melestarikan lingkungan.” Ungkap Bapak Mbarno, S.Pd. selaku Kepala Sekolah SDN Kedungjambe II.

-Tim Jurnalis UKM P2J

You may also like...

English EN Indonesian ID