Akreditasi Program Studi Kimia Fakultas Saintek Universitas Bojonegoro

Akreditasi Program Studi Kimia Fakultas Saintek Universitas Bojonegoro

Prodi Kimia Fakultas Saintek Universitas Bojonegoro melaksanakan kegiatan akreditasi lapang secara daring. Akreditasi dilakukan karena Prodi Kimia merupakan prodi baru yang tentunya harus ada legalitas mengenai keabsahan bahwa prodi tersebut layak untuk melakukan kegiatan akademis. Berkas untuk akreditasi dilaporkan atau diserahkan ke BAN PT pada bulan November tahun 2021. Kemudian, berkas tersebut ditinjau oleh BAN PT dan bisa lolos untuk ditindaklanjuti. Pada pertengahan bulan Februari 2022, pihak fakultas mendapat panggilan dari BAN PT bahwa akan ada visitasi lapangan atau tinjauan lapangan oleh asesor yang bertugas pada tanggal 4 dan 5 Maret 2022. Tinjauan lapangan tersebut bertujuan utuk mensinkronkan antara berkas yang telah diusulkan dengan kondisi yang ada di lapangan.

Para pejabat struktural fakultas sains dan teknik khususnya yang berkaitan dengan Prodi Kimia berperan langsung dengan kegiatan akreditasi tersebut. Struktural tersebut terdiri dari UPPS yaitu Dekan Fakultas, jajaran pembuat berkas (BORANG) yaitu tim dalam lingkup fakultas (Dekan, Wakil Dekan, Kaprodi, Unit Jaminan Mutu Fakultas, serta dosen yang sesuai dengan SK), kemudian pejabat prodi kimia yaitu kaprodi beserta tim yang termasuk kedalam pembuatan Lembar Kerja Program Studi (LKPS). Dari pihak LPPM, LPM, serta Biro Kerja Sama Lembaga Universitas juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Tak lupa pula, mahasiswa dari Prodi Kimia juga ikut bertugas kedalam visitasi lapangan.

Pada kegiatan akreditasi tersebut, berkas yang diajukan sebagian besar sudah sesuai bahkan mendapatkan tambahan dari hasil kegiatan visitasi yang telah dilaksanakan. Setelah itu, asesor melakukan laporan ke BAN PT beserta hasilnya yang telah ditandatangi oleh Dekan, Kaprodi, serta Asesor. Dengan akreditasi yang telah dikeluarkan dapat membuktikan bahwa berkas yang telah diajukan dengan visitasi lapangan yang dibuktikan dengan video dinilai sudah sesuai dan mendapat akreditasi baik.

“Selang sekitar dua minggu dari kegiatan visitasi, pada tanggal 21 Maret 2022, nilai dari akreditasi telah dikeluarkan tetapi untuk Surat Keterangan sendiri dikeluarkan pada tanggal 22 Maret 2022 oleh BAN PT. Nilai akreditasi tersebut menunjukan bahwa Prodi Kimia Fakultas Saintek Universitas Bojonegoro mendapatkan predikat baik dengan perolehan nilai 226. Dengan demikian, para mahasiswa yang hendak mengajukan tugas akhir untuk kelulusan telah memenuhi syarat penuh. Akreditasi yang telah didapatkan ini perlu disebarkan ke khalayak umum agar dapat menarik perhatian masyarakat yang ingin masuk ke Prodi Kimia.” Ucap Bapak Harjono, S.T., M.Si selaku Dekan Fakultas Saintek Universitas Bojonegoro.

Dekan Fakultas Saintek Universitas Bojonegoro juga berharap untuk prodi lain yang belum mendapatkan akreditasi yaitu Prodi Ilmu Lingkungan paling tidak bisa mendapatkan akreditasi dengan proses seperti Prodi Kimia dengan hasil predikat baik maupun bisa lebih.