BEM Fakultas Pertanian Unigoro Gelar Pelatihan Hidroponik di Ponpes Hikmatudien Tuban

BOJONEGORO – BEM Fakultas Pertanian Universitas Bojonegoro (Unigoro) sukses melaksanakan program pengabdian yang menyasar kalangan santri di Ponpes Hikmatudien, Desa Sumurcinde, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, pada Sabtu (24/2/24). Dengan tagline #FAPERTAMENGABDI, mereka menginisiasi pelatihan hidroponik karena lingkungan ponpes tersebut dekat kawasan pegunungan.

Kadiv Pengabdian Masyarakat BEM Fakultas Pertanian Unigoro, Sholahudin Ahmed Al Ayubi, menerangkan, Ponpes Hikmatudien dipilih sebagai lokasi pengabdian mengingat lembaga tersebut baru mendirikan SMP untuk para santri enam bulan yang lalu. Kehadiran mahasiswa-mahasiswa Unigoro diharapkan dapat menambah relasi dan semangat baru bagi warga ponpes. “Kita masuk ke kelas-kelas untuk sosialisasi dan pengenalan dasar ilmu hidroponik. Sambil ada kuis-kuis untuk para siswa. Setelah itu dilanjutkan dengan praktik di halaman pondok. Kami membawa properti hidroponik dari kampus sehingga para santri bisa belajar dan praktik langsung dengan alat yang sudah disiapkan,” terangnya pada Warta Unigoro, Selasa (27/2/24).

Warga yang tinggal di lingkungan Ponpes Hikmatudien merasa antusias dengan program pengabdian yang digagas oleh BEM Fakultas Pertanian Unigoro. Mahasiswa yang akrab disapa Abi ini menambahkan, dalam waktu dekat ini ponpes tersebut akan membuat instalasi hidroponik untuk menunjang kegiatan para santri. “Kami berharap ilmu yang kami berikan bisa bermanfaat bagi murid SMP Hikmatudien dan santri di sana. Sekaligus ada keberlanjutan dari program pengabdian ini. BEM Fakultas Pertanian Unigoro berkomitmen menebar manfaat bagi sesama,” harapnya. (din)