BEM KM Fakultas Ekonomi Unigoro Gelar Pelatihan Desain Grafis

BOJONEGORO – BEM KM Fakultas Ekonomi Universitas Bojonegoro (Unigoro) menggelar pelatihan desain grafis, pada Senin (20/5/24). Pelatihan yang berfokus pada materi desain pemasaran produk serta desain CV dan portofolio ini menghadirkan dua narasumber sekaligus. Yakni Guntur Gilang selaku Ketua Komite Ekonomi Kreatif Bojonegoro dan Bagus Isyanto selaku Ketua Yayasan Imaji Anak Bangsa.

Ketua Prodi Ekonomi Pembangunan Unigoro, M. Saiful Anam, SE., MM., menuturkan, pelatihan desain grafis ini dapat menjadi sarana bagi mahasiswa untuk mengembangkan bakatnya di bidang seni visual. Terlebih aplikasi khusus desain seperti Canva banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Di antaranya untuk desain pemasaran produk, serta desain CV dan portofolio. “Hari ini kalau kita tidak mulai berubah dalam meningkatkan konten-konten pengajaran, maka kita akan tertinggal. Maka adanya pelatihan ini kami berharap dapat meningkatkan kreativitas pada setiap mahasiswa,” tuturnya dalam sambutan.

Pelatihan desain grafis yang diikuti puluhan mahasiswa berlangsung seru dan interaktif. Menurut Gilang, para pelaku usaha harus mulai memikirkan bagaimana cara memperluas pangsa pasar produk melalui desain kemasan yang menarik. Apalagi hal yang paling menguras keuangan perusahaan adalah promosi. Gilang mengungkapkan, ada alternatif promosi dalam bentuk lain yang sangat menguntungkan saat ini. Yakni promosi di media sosial. “Intinya carilah strategi promosi yang mudah dan passing grade-nya naik terus untuk sebuah produk. Coba desain kemasan produk dan akun media sosialnya dipercantik lagi. agar mudah diingat oleh costumer,” paparnya.

Sementara itu, Bagus membagikan tips-tips membuat desain kemasan produk dan CV menggunakan aplikasi Canva. Dia mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan fitur-fitur desain yang gratis. “Di Canva juga tersedia ribuan template desain sesuai kebutuhan. Tinggal diutak-atik sesuai keinginan dan selera. Kalau mau desain sendiri yang beda dari template, kalian bisa pakai fitur Canva Pro dengan cara berlangganan. Biaya berlangganan juga masih terjangkau,” terangnya.

Salah satu peserta pelatihan, Pramesty, mahasiswi semester enam prodi ekonomi pembangunan Unigoro, mengaku sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini. “Apalagi saya juga sebagai pelaku usaha. Jadi harus meningkatkan kreativitas dan keahlian saya dalam mendesain sebuah produk. Supaya bisnis saya, Saejinja, dapat meningkat penjualannya,” pungkasnya. (err/din)