BPS Bojonegoro Gelar Pelatihan Pembuatan Website di Perpustakaan Unigoro

BOJONEGORO – Badan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bojonegoro berkolaborasi dengan Perpustakaan Universitas Bojonegoro (Unigoro) menggelar Pelatihan Pembuatan Website Menggunakan Google Site, pada Selasa (11/6/24). Pelatihan yang dipandu oleh Tegar Primadana Putra ini diikuti oleh puluhan mahasiswa Unigoro.

Di hadapan para peserta, Tegar mengungkapkan ada salah satu platform untuk pembuatan website yang sederhana dan mudah diaplikasikan. Yakni Google Site. Google Site merupakan salah satu produk Google untuk membuat website yang menarik dan fleksibel. Tampilan di website bisa disesuaikan untuk komputer, laptop, tablet, dan smartphone. “Yang lebih menariknya lagi, kalau kita bikin website di Google Site tidak perlu menggunakan coding,” ungkapnya.

Ada beberapa kelebihan menggunakan Google Site. Antara lain mudah dipelajari karena tidak menggunakan coding, desainnya responsif, serta memiliki tampilan yang user friendly. Tegar juga mengajak para peserta yang sudah membawa laptop untuk praktik membuat website secara langsung. “Yang pertama, kita membuat kerangka website seperti yang diinginkan. Kedua, implementasikan kerangka website ke Google Site. Ketiga isi kerangka website dengan konten-konten yang akan di-publish. Umumnya memang berupa tulisan dan gambar. Keempat, website siap di-publish,” paparnya.

Para peserta tampak antusias dengan pelatihan pembuatan website tersebut. Pustakawan Perpustakaan Unigoro, Novi Nur Aryanti, S.IP., mengatakan, banyak manfaat yang diperoleh mahasiswa jika mereka bisa membuat website sendiri. “Misalnya mahasiswa tersebut aktif di organisasi kemahasiswaan atau UKM. Website ini bisa menjadi sarana untuk memublikasikan kegiatannya, selain di media sosial. Atau bagi mahasiswa yang hobi menulis, bisa mendokumentasikan karya tulisnya di website,” ucapnya. (din)