Dosen Favorit di lingkungan Universitas Bojonegoro tahun 2021

Dosen Favorit di lingkungan Universitas Bojonegoro tahun 2021

Hampir semua kaum muda pasti akan mengalami lika-liku di dunia kampus. Dosen, teman mahasiswa dan tugas-tugas menjadi teman akrab. Di dunia kampus dosen memegang peran penting dalam perkuliahan dan dalam berinteraksi dengan mahasiswa. Dari dosen-dosen yang mengampu mata kuliah, mahasiswa biasanya baru mengenal dan tahu bagaimana cara mengajar dosen itu setelah berjalan satu tahun perkuliahan. Dari interaksi itulah mahasiswa bisa menilai bagaimana cara dosen mengajar. Bahkan ketika ada interaksi yang cukup intens, mahasiswa akan menjadikan dosen terebut sebagai dosen favoritnya. Oleh karena itu, Universitas Bojonegoro mengadakan acara Pemilihan Dosen Favorit dengan sistem voting dari mahasiswa. Dengan pengumuman dilaksanakan pada tanggal 7 November 2021 bersamaan dengan acara wisuda.

Berdasarkan hasil voting yang diselenggarakan oleh Universitas Bojonegoro, ada beberapa alasan dari mahasiswa dalam memilih dosen-dosen tersebut sebagai dosen favorit mereka. Di antaranya saat mengajar mudah dipahami, membimbing ke kehidupan untuk bekal kita saat kita lulus, sabar, santai saat mengajar, menolong saat pembayaran UKT, bisa merangkul mahasiswanya, ramah, disiplin, baik hati, tidak pelit nilai, kekinian, cepat merespons saat membalas pesan saat dalam keadaan genting, jarang bolos mengajar, seperti ayah sendiri, selalu semangat, memberi nasehat yang positif, rendah hati, pengertian, galak namun setiap menyampaikan materi bisa dipahami, tidak sombong, sistem mengajar yang bagus, selera humor tinggi, sosok ibu di lingkungan kampus, dan dosen rasa teman.

Dosen favorit terbaik pilihan mahasiswa Universitas Bojonegoro dari berbagai Prodi TA 2021/2022 adalah Ir. Darsan, M.Agr. dari Prodi Agribisnis, Endang, S.E., M.M. dari Prodi Ekonomi Pembangunan, Ahmad Taufiq, S.Hi., M.Si. dari Prodi Administrasi Publik, Gunawan Hadi P., S.H., M.H. dari Prodi Hukum, Harjono, S.T., M.Si. dari Prodi Teknik Sipil, Ardana Putri F., S.T., M.T. dari Prodi Teknik Industri, M. Bakhru Thohir, S.Si., M.Sc. dari Prodi Kimia, dan Laily Agustina Rahmawati, S.Si., M.Sc. dari Prodi Ilmu Lingkungan.

Salah satu kesan dari Ibu Endang, S.E., M.M. Dosen Prodi Ekonomi Pembangunan setelah terpilih menjadi dosen favorit adalah kaget dan tidak percaya. Tidak percaya karena kesan dari mahasiswa katanya beliau itu saat mengajar seram. Memang beliau sosok yang tegas, dalam artian agar mahasiswa lebih berani meskipun harus dengan ditekan atau ditunjuk. Selain itu pendapat mahasiswa tentang Ibu Endang adalah dosen yang memberikan metode belajar yang sangat menyenangkan sekaligus menegangkan karena dalam penyampaian materi mudah di mengerti, jelas dan rinci. Namun juga menegangkan karena ketika selesai menerangkan, Ibu Endang kerap menunjuk salah satu mahasiswa untuk menjawab pertanyaan darinya. Ditambah apabila diadakan kuis dadakan, yang dalam pengumpulannya diberi batas waktu. Tetapi metode pembelajaran tersebutlah yang membuat mahasiswa tidak mudah bosan dan semakin semangat dalam belajar.

“Untuk mahasiswa lebih banyak-banyak membaca, jangan sampai tidak suka dengan dosen karena dikasih tugas banyak dan lebih aktif. Aktif dalam artian aktif dalam kelas, dalam berdiskusi tidak hanya aktif masuk saja dan di dalam kelas hanya mangut-mangut saja saat diterangkan.” Pesan Ibu Endang sebagai Dosen Prodi Ekonomi Pembangunan.

 

-Tim Jurnalis UKM P2J

 

You may also like...

English EN Indonesian ID