Focus Group Discussion (FGD)

Focus Group Discussion (FGD)

Universitas Bojonegoro mengikuti kegiatan FGD yang bertempat di Mercure Grand Mirama Surabaya, pada hari selasa (22/03/2021). Kegiatan ini merupakan rencana kerjasama antara Universitas Bojonegoro dengan Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Bali Bank Provinsi Jawa Timur, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jawa Timur, Biro Kerjasama bagian Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Dinas Koperasi dan UMK Provinsi Jawa Timur.

“Kegiatan ini membahas tentang Memorandum of Understanding (MoU), jika MoU tanpa ada kerangka acuan kerja maka tidak akan ada MoU dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Namun dalam kegiatan ini fokus yang disampaikan mencakup dua hal yakni bidang pertanian dan pendampingan UMK.” Jelas Erwanto S.Si., M.Si. selaku Ketua biro kerjasama.

Selain itu Erwanto juga menjelaskan bahwa dalam bidang pertanian ini fokus untuk meningkatan produktifitas holticura yang ada di Kabupaten Bojonegoro dan sekitarnya. Dalam bidang pertanian fokusnya mulai dari riset kesesuaian lahan, riset diservikasi, riset inovasi dan riset diservikasi produk. Sedangkan pada UMKM atau Dinas Koperasi dan UMK Jawa Timur fokus pada pendampingan UMKM.

“Sedangkan kalau yang pendampingan itu dari teknologi yang sudah ada berupa Bimbingan Teknis (Bimtek). UMKM juga difasilitasi untuk legalitas usaha dan UMKM juga didampingi untuk memiliki fasilitas alat teknologi tepat guna dan untuk yang terakhir didampingi alat digital marketing.” Imbuh Erwanto.

-Tim Jurnalistik UKM P2J