Mahasiswa Unigoro Raih Dua Medali di Kejuaraan Pencak Silat Se Jawa Bali

BOJONEGORO – Dua mahasiswa Universitas Bojonegoro (Unigoro) berhasil meraih medali emas dan medali perak dalam ajang Kejuaraan Pencak Silat Se Jawa Bali PO Unesa Cup III 2023 di Surabaya. Imam Joko Susilo mahasiswa prodi teknik sipil mendapatkan medali emas di kelas tanding D putra. Sementara M. Samsul Huda mahasiswa prodi hukum mendapatkan medali perak di kelas tanding A putra.

Tim Official UKM Pencak Silat Unigoro, M. Halim Pambudi mengatakan, Unigoro menurunkan tiga pesilat dalam kejuaraan tersebut. Namun pesilat atas nama Rizka Ayu Fitria, mahasiswi prodi ekonomi pembangunan, langkahnya harus terhenti di babak penyisihan kelas tanding A putri. “Hanya pesilat putra saja yang melaju sampai babak final,” ujarnya pada Kamis (23/11/23).

Halim menuturkan, perjalanan atlet Unigoro untuk menembus babak final tidak mudah. Di kelas tanding D putra, Imam dinyatakan menang telak karena penguasaan tekniknya lebih unggul. Sedangkan di kelas tanding A putra, Samsul sempat kesulitan melawan pesilat dari Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Sehingga dia hanya bisa membawa pulang medali perak. “Kita sudah merancang strategi tanding. Namun penerapannya tidak mudah karena panitia menerapkan peraturan pertandingan terbaru. Seharusnya lebih ditingkatkan lagi intensitas latihannya,” tuturnya.

Berdasarkan hasil evaluasi internal, ke depan atlet-atlet UKM Pencak Silat Unigoro akan meningkatkan intensitas latihannya. Sekaligus mempelajari peraturan-peraturan pertandingan yang terbaru. Agar mereka bisa merumuskan strategi yang tepat. (din)