Mahasiswa Unigoro Raih Medali Emas Pomnas XVIII 2023

BOJONEGORO – Yoga Aldi Pradana, mahasiswa semester tujuh prodi administrasi publik Unigoro, berhasil meraih medali emas di ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XVIII 2023 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada Kamis (16/11/23). Dia menjadi juara pertama di cabang olahraga (cabor) pencak silat nomor tanding kelas 55-60 kg C dewasa. Atlet asal Desa Ngampel, Kecamatan Kapas ini adalah pesilat yang memperkuat kontingen Jawa Timur (Jatim) dalam event olahraga bergengsi nasional itu.

Yoga tidak menyangka bisa mendapatkan medali emas Pomnas XVIII 2023. Pasalnya ini adalah kali pertama dia tampil di ajang bergengsi tingkat nasional. Sejak babak penyisihan, Yoga telah berusaha menunjukkan penampilan terbaiknya agar bisa lolos ke babak final. “Saat final tadi saya harus berhadapan dengan atlet dari provinsi Kepulauan Riau. Alhamdulillah hanya bermain satu babak, saya bisa mengalahkan lawan saya,” ucapnya penuh bangga.

Perjuangan Yoga untuk bisa bertanding di Pomnas XVIII 2023 tidak mudah. Meskipun di Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi (Pomprov) Jatim 2023 berhasil mendapatkan medali emas, dia tidak serta merta dapat tiket ke Pomnas. Bulan Agustus, Yoga diseleksi bersama pesilat yang jadi pemenang Pomprov sebelumnya. Setelah dinyatakan berhak mewakili Jawa Timur di Pomnas, dia meningkatkan intensitas latihannya dan mengikuti training center (TC) selama satu minggu di Universitas Negeri Malang.

Mahasiswa yang berusia 22 tahun ini mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Suyitno Bojonegoro dan civitas akademika Unigoro yang tak henti memberikan support. “Alhamdulillah saya bisa mengharumkan dan membawa nama Jawa Timur. Rasanya sangat bangga. Saya juga berterima kasih khusus kepada Pak Arief Januwarso, Pak Kadar, dan Pak Erwanto yang selalu men­-support sekaligus memotivasi,” pungkas Yoga. (din)