Membangun Minat Literasi Agar Dapat Berfikir Kritis

Membangun Minat Literasi Agar Dapat Berfikir Kritis

Membagun minat literasi agar dapat berfikir kritis merupakan tema yang diusung oleh pelatihan rutin Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Jurnalistik (P2J) yang kedua. Pelatihan tersebut diadakan di Base Camp UKM P2J Universitas Bojonegoro pada Jumat, 27 April 2018.

Kali ini forum tersebut mengundang Dosen FISIP sekaligus Dosen Pembimbing Jurnalistik, Ahmad Taufiq, M.Si sebagai pemateri.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua UKM P2J, Anggita Lionid H., Ketua dan anggota Bidikmisi yang selama ini juga aktif dalam pelatihan penelitian.

Dalam paparannya, Taufiq memberikan pengetahuan dan dorongan kepada mahasiswa untuk terus meningkatkan literasi (membaca dan menulis).

Sebab, menurut data UNESCO (20120, presentasi minat baca Indonesia hanya sebanyak 0,001 %. Artinya, dari 1.000 penduduk, hanya satu orang saja yang memiliki minat baca.

Menurut Taufiq, Indeks Literasi ini ternyata juga berbanding lurus dan memengaruhi beberapa indeks lain, seperti Indeks Pembangunan Manusia (IPM/Human Development Index) yang kemajuannya diukur melalui Pendidikan, Kesehatan, dan Ekonomi, serta Indeks Antikorupsi.

”Maksudnya, semakin rendah Indeks Literasinya berdampak terhadap rendahnya IPM Indonesia. Ini menjadi tantangan kita bersama,” ingatnya.

Karena itu, Taufiq berharap, UKM P2J Universitas Bojonegoro rutin melakukan kajian – kajian kritis seperti tema literasi dan riset. Kajian bisa dilakukan setidaknya dua minggu sekali dengan pemateri yang kompeten.

Semua bertujuan untuk meningkatkan kapasitas mahasiswa atau anggota UKM P2J.

“Saya juga berharap anggota P2J serius dan konsisten melahirkan karya-karya tulis melalui website kampus dan buletin yang bermanfaat untuk masyarakat. Terutama menjadikan UKM P2J sebagai jembatan atau medium pengembangan diri yang outputnya dapat dirasakan mahasiswa dan bermanfaat untuk masa mendatang,” lanjutnya.

Anggita Lionid H, selaku Ketua UKM P2J mengucapkan terimakasih kepada pemateri, Ketua Bidikmisi beserta anggotanya yang telah hadir. Dia juga mengapresiasi loyalitas anggota UKM P2J yang sangat luar biasa. (Agisna/Bulan)

You may also like...

English English Indonesian Indonesian