Menyambut Bulan Suci Ramadhan di Tengah Pandemi, Begini Aksi UKM P2J Universitas Bojonegoro

Meski bulan ramadhan tahun ini masih disulut pandemi covid-19, tidak menyurutkan semangat Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian, Pengabdian, dan Jurnalistik Universitas Bojonegoro untuk berbagi kebaikan.

 

UKM P2J UNIGORO mengadakan Safari Ramadhan yang dilaksanakan pada tanggal 27 April – 1 Mei 2021 dengan mengusung tema “Ramadhan Penuh Berkah, Berbagi itu Indah”.

Tujuan dari Safari Ramadhan UKM P2J adalah untuk mewujudkan kepedulian sosial anggota ukm p2j di lingkungan sekitar dan mempererat tali persaudaraan sesama umat muslim sekaligus menebar kebaikan di bulan suci ramadhan di tengah pandemi.

Imda Safitri, ketua pelaksana Safari Ramadhan ini mengatakan, jika kegiatan Safari Ramadhan terbagi dibeberapa tempat dengan waktu yang berbeda.

“Alhamdulillah kegiatan safari ramadhan berjalan dengan lancar, kepedulian serta antusias dukungan anggota ukm p2j dalam acara ramadhan ini membuat kegiatan terbagi dibeberapa tempat untuk menghindari kerumunan” tutur Imda sapaan akrabnya.

Adapun rangkaian kegiatan yang mewarnai safari ramadhan tersebut diantaranya mengaji bersama adik-adik di Mushola Al-Mujami’ Desa Ngablak Kec. Dander, di hari yang berbeda mengajar ngaji di TPQ Nurul Islam Mojokampung, Bagi-bagi takjil gratis ke tukang becak dan pedagang di Jl. Veteran, Jl. Teuku Umar, dan di sekitaran Alun-Alun Bojonegoro. Serta membagikan bingkisan sembako bagi masyarakat yang kurang mampu di Desa Jumput Kec. Sukosewu.

Dalam pelaksanaannya, acara berjalan dengan meriah dengan antusias yang luar biasa dari adik-adik Desa Dander maupun adik-adik TPQ Nurul Islam Mojokampung. Materi yang diajarkan oleh kakak-kakak ukm p2j diantaranya Kisah Nabi Muhammad SAW, Membaca Surat-Surat Pendek, dan pentingnya berpuasa. Diakhir kegiatan mengajar, anggota ukm p2j memberikan bingkisan kepada adik-adik.

Selaku Pembina TPQ Nurul Islam, Ibu Saroh dalam sambutannya mengucapakan, terima kasih kepada mahasiswa-mahasiswi Unigoro yang telah mampir ke TPQ Nurul Islam untuk berbagi ilmu dan keceriaan bersama adik-adik TPQ dan semoga apa yang diberikan bisa bermanfaat”ujarnya.

Ketua UKM P2J menjelaskan, Kegiatan ini bisa terlaksana atas dukungan pembina, kerja sama dan bantuan dari kawan-kawan pengurus serta anggota UKM P2J, mulai dari pemberian donatur pendanaan, pembuatan takjil, pembagian takjil hingga penutup acara dengan buka bersama”ujar Nia Sukmawati.

Nia berharap, aksi bagi-bagi takjil dan sembako bisa meringankan beban warga yang membutuhkan. Apalagi dalam kondisi pandemi banyak warga yang kesulitan untuk mengais rezeki.

Kegiatan ini mendapat respon yang positif dari masyarakat sekitar dan pihak pemerintah Desa Jumput dalam aksi bagi-bagi sembako bagi masyarakat yang kurang mampu. Selain itu, juga bagi-bagi takjil disekitar jalan kota Bojonegoro dengan sasaran tukang becak, pedagang kaki lima, dan orang yang membutuhkan.

Sementara itu, Pembina UKM P2J UNIGORO, Ardana Putri Farahdiansari, ST.,MT, berharap kegiatan UKM P2J yang bersifat sosial dan bermanfaat bagi Masyarakat tidak hanya diadakan saat ramadhan saja, tetapi juga bisa di bulan lain. Sehingga sebagai mahasiswa, mahasiswa juga memiliki peran di Masyarakat” tegasnya.

You may also like...

English EN Indonesian ID