Paslon Nomor Urut 1 : Anggita Lionid Hadiyansah dan Wahyu Kristiawan, Unggul dalam Perolehan Suara Pemilihan Presma dan Wapresma BEM KM UNIGORO 2020

Kamis (07/05/2020) kemarin, Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) UNIGORO melaksanakan Pemilihan Presma dan Wapresma BEM KM UNIGORO 2020. Pemilihan ini dilaksanakan pada pukul 08.00 s/d 11.00 WIB dengan cara e-voting.

Semenjak diturunkannya surat edaran Rektor terkait pencegahan COVID-19 pada pertengahan Maret 2020 lalu, seluruh kegiatan kampus diliburkan, sehingga aktivitas perkuliahan dan kegiatan lainnya dilaksanakan secara daring/ online. Begini tanggapan Rektor Universitas Bojonegoro terkait Pemira online yang diadakan tahun ini.

“Dengan pemilihan Presma dan Wapresma serta DPM yang dilaksanakan secara online ini, menunjukkan suatu kegiatan yang sangat istimewa dikarenakan adanya pandemi COVID-19 yang berdampak atas sistem akademik yang sekarang semua serba online. Serta berbagai kegiatan akademik yang setiap waktunya menjadi obyek kesibukan mahasiswa ini menjadikan suasana baru di lingkungan Universitas Bojonegoro”, ungkap Dr.Tri Astuti Handayani, S.H., M.M., M.Hum., Rektor Universitas Bojonegoro.

Proses pelaksanaan pemilihan e-voting ini dinilai sangat efisien karena tidak perlu membuang-buang waktu untuk rekapitulasi data, begitu mahasiswa memilih bisa langsung keluar hasilnya di portal.

“Pemilihan e-voting ini sangat efisien karena tidak perlu membuang banyak waktu untuk rekapitulasi data dan terkait keuangannya juga lebih hemat karena tidak perlu membuat surat suara dengan kertas. Hanya saja partisipasi mahasiswa UNIGORO yang masih kurang dalam pemira e-voting ini”, ungkap Ida Fatmawati, Ketua KPUM.

Berdasarkan hasil e-voting Pemira Presma dan Wapresma BEM KM UNIGORO Perode 2020-2021 ini, total pemilih tetap sebanyak 2.842, dengan jumlah yang memberikan hak suara sebanyak 545, tidak memberikan hak suara 2.297, dan suara kosong 7. Dan untuk suara terbanyak jatuh pada pasangan calon nomor urut 1 Anggita Lionid Hadiyansah (Fakultas ISIP Angkatan 2017) dan Wahyu Kristiawan (Fakultas Ekonomi Angkatan 2017). Paslon nomor urut 1 ini unggul dengan perolehan 305 suara, sedangkan Paslon nomor urut 2 Muhammad Muchlis Mubaroq dengan wakilnya Ardhian Rachmanto memperoleh 229 suara.

“Yang saya rasakan setelah terpilih menjadi Presma BEM KM UNIGORO periode 2020-2021 ini, tentunya sangat senang, usaha saya selama ini tidak sia-sia untuk terus berproses. Saya sadar bahwa untuk bisa menuju tempat yang lebih tinggi itu butuh banyak usaha keras. Maka dari itu, semoga dengan visi misi kami untuk bersinergi bersama semua elemen mahasiswa dan masyarakat di lingkungan kampus Universitas Bojonegoro dapat terealisasi dan dapat membawa perubahan yang lebih baik lagi untuk UNIGORO ke depannya”, ungkap Presma BEM KM UNIGORO Terpilih, Anggita Lionid Hadiyansah.

Sedangkan Wapresma BEM KM UNIGORO, Wahyu Kristiawan, juga turut menambahkan, “Menurut saya Pemira e-voting yang pertama kali diadakan ini sudah sistematis teknisnya, hanya saja kurang maksimal untuk jumlah suara yang masuk di karenakan kurangnya kami dalam sosialisasi di kelas”.

Untuk ke depannya, perlunya diadakan perubahan sistem yang harus diperbaiki dari kepengurusan organisasi periode sebelumnya. Pasangan Presma dan Wapresma BEM KM UNIGORO Terpilih ini telah menyiapkan strategi terbaiknya.

“Strategi yang kami gunakan terlebih dalam waktu dekat ini yang kebetulan masih dilanda pandemi COVID-19, maka strategi dan protokol yang akan kami jalankan akan berbeda dari keadaan normal. Kami sudah mencoba belajar membuat kegiatan di saat pandemi ini bersama DINBUDPAR (Dinas Budaya dan Pariwisata). Harapan kami, semoga bisa berjalan bersama-sama dengan semua mahasiswa demi membangun Universitas Bojonegoro yang lebih baik lagi ke depannya dengan karya serta prestasi yang membanggakan”, papar Lion.

Seperti yang diketahui bahwa selain pemilihan Presma dan Wapresma BEM KM UNIGORO ini, KPUM juga melaksanakan pemilihan DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa) KM UNIGORO. Pemilihan DPM ini diikuti oleh perwakilan setiap fakultas yang ada di Universitas Bojonegoro. Berdasarkan perolehan suara dari e-voting untuk DPM, masing-masing perwakilan DPM fakultas memperoleh suara yang beragam. DPM KM DAPIL Fakultas Hukum dengan perolehan suara tertinggi Feri Setiawan 28 suara, DPM KM DAPIL FISIP Samsul Arifin 51 suara, DPM KM DAPIL Fakutas Ekonomi Rosyidah Rohmatun 126 suara, DPM KM Fakultas Teknik Faiz Kurnia 25 suara, dan DPM KM Fakultas Pertanian M. Faizun Anam dengan 49 suara.

“Harapan saya ke depannya bersama DPM KM UNIGORO, dapat membuat kebijakan-kebijakan yang strategis serta menjalankan fungsi pengawasan di segala bidang kemahasiswaan”, ujar Feri Setiawan, DPM KM DAPIL Fakultas Hukum.

Rektor Universitas Bojonegoro menambahkan bahwa pemilihan Presma dan Wapresma kali ini merupakan sebuah momentum yang baru dan menjadi penting di lingkungan UNIGORO dan hal tersebut cukup menarik untuk disimak. (P2J)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

English English Indonesian Indonesian