PENINJAUAN KURIKULUM PRODI ADMINISTRASI PUBLIK UNIVERSITAS BOJONEGORO

PENINJAUAN KURIKULUM PRODI ADMINISTRASI PUBLIK UNIVERSITAS BOJONEGORO

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Bojonegoro menyelenggarakan kegiatan peninjauan kurikulum Program Studi Administrasi Publik. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, (31/03/2022) dan bertempat di Ruang Adu Ide Universitas Bojonegoro pukul 12.00-20.45 WIB. Dimulai dengan acara makan siang bersama, lalu pengarahan dari Dr. Rupiarsieh, M.Si selaku Dekan FISIP. Dilanjutkan dengan sambutan dan pembukaan acara oleh Rektor Universitas Bojonegoro, Dr. Tri Astuti Handayani, SH, MM, M.Hum.

Tidak hanya Dekan dan seluruh Dosen FISIP yang hadir dalam kegiatan ini, tetapi para stakeholders atau pihak-pihak yang berkepentingan yang tentunya dari luar lingkungan Universitas Bojonegoro. Seperti Kusnandaka Tjatur, M.Si (Asisten II Pemerintah Kabupaten Bojonegoro), Dr. Lalu, M.Si (Direktur PT. ADS Bojonegoro), Achmad Pramudito (Ketua Asosiasi PHMI), dan Prof. Dr. V. Rudy Handoko, M.Si (Guru Besar FISIP Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya). Kegiatan inti diawali dengan diskusi dan pemberian masukan dari para stakeholders, kemudian rekonstruksi kurikulum Program Studi Administrasi Publik yang dipandu langsung oleh Prof. Rudy Handoko.

Peninjauan kurikulum pada setiap Program Studi di Perguruan Tinggi menjadi hal yang wajib dilaksanakan minimal setiap dua tahun sekali. Demikian juga dengan Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bojonegoro. Hal ini dalam rangka merespon kebutuhan pengguna lulusan Program Studi Administrasi Publik. Karena dalam kurun dua tahun tersebut kebutuhan lapangan kerja bagi alumni (Sarjana) Administrasi Publik pasti mengalami perubahan dan perkembangan. Sehingga sudah menjadi kewajiban bagi setiap Fakultas atau Program Studi untuk selalu meninjau kurikulum sebagai langkah untuk menyiapkan mahasiswa yang menyongsong persaingan dan mendapatkan peluang kerja yang tepat.

“Dengan adanya peninjauan kurikulum ini, kita berharap lulusan atau alumni Program Studi Administrasi Publik FISIP Universitas Bojonegoro mendapatkan bekal ilmu yang mampu bersaing dengan alumni Perguruan Tinggi manapun, baik Perguruan Tinggi lokal maupun tingkat Nasional, dan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bekal ilmu yang diterima, serta Program Studi Administrasi Publik FISIP Universitas Bojonegoro bisa menjadi Program Studi pilihan untuk generasi muda khususnya di Bojonegoro dan di Indonesia.” Ujar Kaprodi Administrasi Publik, Junadi, S.Sos., M.Si.

 

-Tim Jurnalis UKM P2J