Peresmian Halal Center Unigoro Sekaligus Seminar Nasional

Peresmian Halal Center Unigoro Sekaligus Seminar Nasional

Universitas Bojonegoro – Halal Center Universitas Bojonegoro yang diresmikan oleh Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas, memberikan sambutannya sekaligus meresmikan Halal Center Unigoro dengan melalui tayangan video, pada hari Kamis (07/04/2022) yang bertempat di Hall Suyitno. Serangkaian dengan peresmian Halal Center, Unigoro juga menggelar seminar nasional yang bertemakan “Urgensi Sertifikasi Halal Bagi Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam Menghadapi Tantangan Ekonomi Global 2024.”
Peresmian sekaligus seminar nasional turut dihadiri oleh Ketua Yayasan Suyitno Bojonegoro, Dr. Arief Januwarso, S.Sos., M.Si., Rektor Universitas Bojonegoro, Dr. Tri Astuti Handayani, SH., MM., M.Hum., Civitas Akademika Universitas Bojonegoro, Kementrian Agama Bojonegoro, MUI Bojonegoro, LPPOM MUI Jawa Timur, Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Bojonegoro, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Bojonegoro, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Bojonegoro, PCNU Kabupaten Bojonegoro, tamu undangan pelaku UMKM Bojonegoro serta mahasiswa Unigoro.
Dalam sambutannya Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas, mengapresiasi Unigoro yang telah mendirikan Halal Center untuk membantu sekaligus memberi tempat bagi UMKM sekitar untuk berkonsultasi. Terlebih, Indonesia akan menjadi pusat halal dunia. Unigoro diharapkan bisa menjadi bagian untuk mendukung cita-cita tersebut.
“Semoga lembaga ini bisa berjalan dengan baik, karena sertifikasi halal bagi UMKM sangat penting. Dari sisi konsumen, sertifikasi halal juga merupakan hal yang tidak boleh terlewatkan. Mengingat negara kita ini adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Sekaligus dari sisi agama, kita pun akan mendapat keberkahan jika mengonsumsi makanan dan minuman halal” Imbuhnya.
Rektor Unigoro Dr. Tri Astuti Handayani, SH., MM., M.Hum. dalam sambutannya mengatakan, bahwa dalam pendirian Halal Center ini tidak hanya sebagai pusat kajian akan tetapi juga ikut membantu pemerintah khususnya dalam jaringan sertifikasi halal. Sertifikasi halal ini sangat penting sekali karena merupakan suatu proses dan juga merupakan bukti outentik akan jaringan halal itu aman.
Sementara itu dalam sambutannya Ketua Yayasan Suyitno Bojonegoro, Dr. Arief Januwarso, S.Sos., M.Si, mengatakan bahwa pendirian Halal Center ini juga selaras dengan apa yang dilakukan oleh Unigoro sejauh ini. Beberapa waktu lalu Unigoro telah menggelar seminar dan bimbingan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) sehingga Halal Center ini akan menjadi peran baru yang lebih luas dan bermanfaat bagi pelaku UMKM di Kabupaten Bojonegoro dan sekitarnya.
Perwakilan Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Timur yang hadir dalam peresmian Halal Center Unigoro mengatakan, pihaknya sangat mendukung keberadaan Halal Center satu-satunya di wilayah Bojonegoro, Tuban, dan Lamongan. Adanya instansi dan lembaga tersebut tentunya akan banyak membantu kebangkitan UMKM di Jawa Timur. Terlebih untuk beradaptasi pada paska pandemi Covid-19.
Peresmian Halal Center ditandai dengan pelepasan balon udara secara simbolis oleh Ketua Yayasan Suyitno bojonegoro yang didampingi oleh Rektor Universitas Bojonegoro, Civitas Akademika Unigoro dan para tamu undangan. Kemudian dilanjutkan dengan Seminar Nasional yang menghadirkan dua narasumber yaitu Ketua Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementrian Agama RI, Dr. H. Muhammad Aqil Irham, M.Si dengan materi Akselerasi Sertifikasi Produk Halal Untuk Menuju Industri Halal dan Ketua LPPOM MUI Jawa Timur, Dr. Siti Nur Husnul Husmiyati, S.TP, M.Kes. dengan materi Transformasi Pelayanan Sertifikasi Halal.

-Tim Jurnalistik UKM P2J