Pesilat Unigoro Target Medali Emas di Pomnas XVIII 2023

BOJONEGORO – Yoga Aldi Pradana, mahasiswa semester tujuh prodi administrasi publik Unigoro, kini tengah berlaga di ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XVIII 2023 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Dia adalah salah satu pesilat yang memperkuat kontingen Jawa Timur (Jatim) dalam event olahraga bergengsi nasional itu. Atlet asal Desa Ngampel, Kecamatan Kapas ini, optimis bisa mendapatkan medali emas. Pomnas XVIII berlangsung mulai 13 hingga 16 November 2023.

Yoga menuturkan, meskipun di Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi (Pomprov) Jatim 2023 berhasil mendapatkan medali emas, dia tidak serta merta dapat tiket ke Pomnas. Bulan Agustus, Yoga diseleksi bersama pesilat yang jadi pemenang Pomprov sebelumnya. Yoga bersyukur akhirnya mendapat kesempatan tampil di Pomnas tahun ini. “Setelah dinyatakan lolos seleksi, saya langsung meningkatkan intensitas latihan. Antara lima atau enam kali dalam seminggu. Saya nggak cuma latihan di Bojonegoro saja. Saya juga coba latihan di daerah lain agar punya sparring partner yang berbeda-beda,” tuturnya, pada Senin (13/11/23).

Seminggu jelang keberangkatan ke Pomnas, Yoga mengikuti training center (TC) bersama kontingen Jatim di Universitas Negeri Malang selama tujuh hari. Dia akan diturunkan di nomor tanding kelas 55-60 kg C dewasa. Bagi Yoga, ini adalah momen pertamanya berkompetisi di Pomnas. Di babak penyisihan yang berlangsung Senin, dia akan berhadapan dengan pesilat asal Kalimantan Tengah. “Saya sudah berusaha menyiapkan mental agar bisa menampilkan peforma terbaik. Target saya mudah-mudahan bisa dapat medali emas,” tukasnya. (din)