TENTANG KAMPUS

                Universitas Bojonegoro didirikan pada 09 April 1981, pendirian UNIGORO selaras dengan waktu dan permintaan masyarakat terkait pentingnya pendidikan dan perkembangan pengetahuan. Universitas Bojonegoro di bawah naungan Yayasan Suyitno Bojonegoro (YSB), yang mana hal ini bentuk kontribusi pada pemikiran dan tanggung jawab dari komunitas bojonegoro. Sejalan dengan perkembangannya, sejak berdiri hingga saat ini Unigoro selalu berbenah diri untuk mengembangkan kualitas di segala bidang, meskipun perjalanan panjang Unigoro penuh dengan dinamika. Namun, komitmen seluruh civitas akademika dan keluarga besar Unigoro tetap bertekad untuk memajukan Unigoro ke tingkat yang lebih baik. Sehingga, Visi dan Misi Unigoro dapat tercapai dan terwujud pada tingkat yang berkualitas, profesional dan kompeten di segala bidang. Dalam perkembangannya, Visi, Misi dan Tujuan Unigoro mengalami revitalisasi tanpa meninggalkan cita-cita awal para pendiri Unigoro.

                Dalam upaya mengejar dan meningkatkan mutu pendidikan, Unigoro membentuk insan yang mampu mengintegrasikan dan mensinergikan ilmu pengetahuan dan teknologi serta berupaya membentuk lulusan yang memiliki sikap cinta kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, masyarakat dan lingkungan. Unigoro berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang handal dan teruji, oleh karena itu Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Eksternal (SPM) Perguruan Tinggi selalu dijalankan. SPM akademik internal di tingkat Universitas dilaksanakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), di tingkat Fakultas oleh Lembaga Penjaminan Mutu Fakultas (LPMF) dan di tingkat Program Studi (Prodi) oleh Kelompok Pengendalian Mutu (GKM). SPM akademik eksternal dilaksanakan oleh Badan Akreditasi Perguruan Tinggi atau disingkat BAN-PT dan Kemenristek dan Dikti oleh LLDIKTI Wilayah VII setiap tahun melalui pembinaan dan pengawasan (bindalwas). Unigoro juga telah tersertifikasi ISO 9001:2015 dengan nomor sertifikat QQCert-M-ID-376435/17 Sistem Manajemen Mutu.

ABC
LEVEL PENDIDIKANFAKULTAS DAN PROGRAM STUDIRANKING AKREDITASI DARI BAN-PT
FAKULTAS HUKUMB
Program Studi Ilmu Hukum
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIKB
Program Studi Administrasi Publik
FAKULTAS PERTANIANB
Program Studi Agribisnis
FAKULTAS EKONOMIB
Program Studi Ekonomi Pembangunan
FAKULTAS SAINS DAN TEKNIKB
Program Studi Teknik Sipil
Program Studi Teknik Industri
Program Studi Teknik Kimia
Program Studi Ilmu Lingkungan

                Dalam perkembangannya, Unigoro pada tahun 2018 telah menambah 3 (tiga) Program Studi baru berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor: 643/KPT/I/2018 tentang Izin Pembukaan Lingkungan Hidup. Program Studi Ilmu Pengetahuan Program Sarjana Universitas Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro Diselenggarakan oleh Yayasan Suyitno Bojonegoro, dan Program Studi Teknik Industri dan Program Studi Kimia berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor : 662/KPT/I/2018 Tentang Perizinan Pembukaan Program Studi Teknik Industri, Program Sarjana dan Program Studi Program Sarjana Kimia Universitas Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro Diselenggarakan oleh Yayasan Suyitno Bojonegoro.

                Unigoro dalam mewujudkan komitmennya terhadap lulusannya membutuhkan berbagai sumber daya, salah satu sumber daya yang vital adalah sumber daya manusia. Dalam proses belajar mengajar (PBM), Unigoro didukung oleh 98 dosen dan 34 karyawan. Dosen terdiri dari dosen DPk (PNS) dan Dosen Tetap Yayasan yang sudah memiliki jabatan akademik maupun yang belum memiliki jabatan akademik.

                Peningkatan kualitas dosen terus dilakukan mulai dari pelatihan-pelatihan yang relevan dengan kompetensi dosen dan studi lanjut. Peningkatan kualitas dosen diharapkan mampu menciptakan suasana akademik yang kondusif. Seiring dengan perkembangan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana, juga dibarengi dengan tren positif perolehan mahasiswa baru dalam 4 (empat) tahun terakhir, sehingga jumlah mahasiswa Unigoro untuk Tahun Akademik 2020/2021 Tahun mencapai 3.312 siswa. Dari data yang ada, diketahui asal usul santri tersebut tersebar dari berbagai provinsi di Indonesia, antara lain Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Lampung, Bengkulu, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan sebagainya.

                Untuk memotivasi semangat belajar mahasiswa, Yayasan Suyitno Bojonegoro (YSB) sebagai penyelenggara pendidikan tinggi di Unigoro memberikan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi, selain itu ada jenis beasiswa lainnya, antara lain; Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan beasiswa Bidik Misi yang semuanya diperoleh dari pemerintah melalui LLDIKTI Wilayah VII.

                Sedangkan untuk menyalurkan minat dan bakat mahasiswa dalam berorganisasi, telah dibentuk Organisasi Kemahasiswaan Intra Kampus (OMIK) yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari tingkat Fakultas hingga tingkat Universitas, serta Unit Kegiatan Mahasiswa. (UKM), meliputi; UKM Resimen Mahasiswa (Menwa), UKM Kependudukan dan Pembangunan, UKM Pencinta Alam yaitu Argopala, UKM Kesenian, UKM Pencak Silat dan UKM Penelitian, UKM Pramuka, Pengabdian Masyarakat dan Jurnalistik (P2J).

                Unigoro sebagai perguruan tinggi penghasil sumber daya manusia terdidik terus berupaya meningkatkan kualitas lulusan dengan menerapkan kurikulum yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020. Selain itu, dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 (empat koma nol) dan memasuki tahun ketiga Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), seseorang harus mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing. Di Era Revolusi Industri 4.0 (four point zero) keberadaan teknologi merupakan salah satu hal yang tidak bisa diabaikan, untuk itu Unigoro selalu berbenah menjadi lebih berkualitas. Peningkatan kualitas juga perlu didukung dengan kerjasama kelembagaan atau kelembagaan, adapun kerjasama yang telah dilakukan dan berjalan adalah kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Komnas HAM, Exxon Mobile Cepu Limited (EMCL), Pertamina EP CEPU dan Perguruan Tinggi. Tinggi di dalam negeri dan luar negeri.

                Kerjasama ini dilakukan dalam bentuk pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam rangka menjawab kebutuhan masyarakat dan kebutuhan pengguna lulusan (stakeholder) di era globalisasi. Oleh karena itu, Unigoro berkomitmen untuk menjadi universitas yang lebih berkualitas di tingkat regional, nasional, dan internasional.

Copyright All Right Reserved 2021 UNIGORO