UKM P2J Goes to Communities (Aksi Peduli dan Berbagi Sesama Masyarakat)

UKM P2J Goes to Communities (Aksi Peduli dan Berbagi Sesama Masyarakat)

Pengabdian masyarakat adalah suatu kegiatan yang bertujuan membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun. Secara umum program ini dirancang oleh berbagai Universitas atau Institut yang ada di Indonesia untuk memberikan kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia, khususnya dalam mengembangkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa Indonesia. Kegiatan Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian, Pengabdian, dan Jurnalistik Universitas Bojonegoro sudah beberapa kali mengadakan kegiatan pengabdian. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Pada hari Selasa, 16 November 2021 UKM P2J kelompok 7 melakukan kegiatan pengabdian dengan membagikan sembako di Jl.Trunojoyo dan Jl.Teuku Umar dengan sasaran pembagian yaitu tukang becak dan pedagang kecil di wilayah jalan tersebut. Kegiatan ini di laksanakan pada pukul 09.30 – 11.30 WIB. Pengabdian ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa kemanusiaan dan kepedulian sosial antar sesama. Pandemi Covid-19 yang melanda selama dua tahun belakangan ini sangat berdampak pada profesi tukang becak dan pedagang kecil karena yang biasanya mereka bisa memperoleh penumpang 8-10 orang kini hanya bisa mendapatkan penumpang setengah dari angka tersebut. Pedagang kecil pun merasakan dampak yang sangat besar dari pandemi Covid-19 ini biasanya mereka bisa berjualan sampai malam sekarang ini dibatasi jam operasionalnya, jadi pendapatan mereka pun menurun.

Dengan banyaknya kasus, anggota UKM P2J kelompok 7 merasa terpanggil untuk sedikit membantu meringankan beban para tukang becak dan pedagang kecil dengan aksi pembagian sembako. Mereka sangat senang dan merasa terbantu dengan kegiatan ini.

Ibu Eni sebagai salah satu pedagang mengatakan jika pandemi ini sangat berdampak pada omset penjualannya yang sangat menurun. Ibu Eni merasa senang dengan kegiatan mahasiswa Universitas Bojonegoro UKM P2J dengan memberikan sembako karena selama ini Ibu Eni tidak pernah mendapatkan bantuan apa pun dari pemerintah.

Menurut Bapak Handoko yang bekerja sebagai tukang becak, pandemi ini sangat berpengaruh ke penghasilannya. Dengan adanya kegiatan bagi sembako Bapak Handoko merasa senang dan sedikit terbantu.

Iqbal Nugraha selaku Ketua kelompok 7 merasa lega dan senang telah melakukan kegiatan pengapdian masyarakat, Iqbal juga merasa sangat bahagia karena bisa membantu meringankan sedikit beban para pedagang dan tukang becak di sekitaran Jl.Trunojoyo dan Jl.Teuku Umar.

“Saya harap kegiatan mahasiswa pengabdian yang turun ke jalan untuk membagikan sembako lebih sering dilakukan. Apalagi saat pandemi seperti ini banyak profesi yang mengalami penurunan omset yang signifikan. Melalui kegiatan ini saya harap bisa lebih menumbuhkan rasa kemanusiaan dan kepedulian sosial di kalangan mahasiswa khususnya anggota UKM P2J.” Ucap Iqbal Nugraha.

Kegiatan ini berjalan dengan sangat lancar dan sesuai harapan, berkat semangat dari anggota UKM P2J dan dorongan dari rasa kemanusiaan dan kepedulian anggota UKM P2J.

 

-Tim Jurnalis UKM P2J

You may also like...

English EN Indonesian ID