UKM P2J Goes To Communities (Menumbuhkan Jiwa Kreativitas dan Pola Hidup Sehat pada Anak Sejak Dini di SDN Leran, Kec. Senori, Tuban)

UKM P2J Goes To Communities (Menumbuhkan Jiwa Kreativitas dan Pola Hidup Sehat pada Anak Sejak Dini di SDN Leran, Kec. Senori, Tuban)

UKM P2J Universitas Bojonegoro melaksanakan Pengabdian Masyarakat yang terdiri dari 7 kelompok. Salah satunya adalah kelompok 4, yang melaksanakan pengabdian pada tanggal 17-18 November 2021 yang berlokasi di SDN Leran, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban. Kegiatan pengabdian ini mengusung tema “Menumbuhkan Jiwa Kreativitas dan Pola Hidup Sehat pada Anak Sejak Dini”  yang pembukaannya dihadiri oleh Kepala Sekolah Ibu Hj. Nurul Hidayati, S.Pd.SD, Wali kelas Bapak Ali Mahfud, S.Pd.SD, dan juga siswa-siswi kelas 4 sampai kelas 6 yang berjumlah  50 siswa.

Adapun tujuan dilaksanakan pengabdian ini yaitu untuk meningkatkan kreativitas siswa-siswi SDN Leran, melalui kegiatan melukis dengan menggunakan pelepah pisang. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan edukasi terkait dengan pola hidup sehat, melalui pemutaran video dan juga mempraktikkan cara cuci tangan yang baik dan benar. Proses belajar juga dilaksanakan secara menyenangkan. Anggota kelompok yang terlibat menjelaskan edukasi tidak menempatkan diri sebagai tutor melainkan sebagai teman, sehingga pembelajaran bisa dicerna dengan baik oleh siswa-siswi.

Kegiatan hari kedua diisi dengan senam dan berbagai lomba, seperti estafet sarung, dan estafet kelereng untuk menguji kekompakan, keseimbangan dan kemampuan berpikir anak. Pengabdian ini ditutup dengan pemberian cinderamata dan pemberian hadiah kepada pemenang lomba melukis, lomba estafet sarung, dan juga lomba estafet kelereng. Dengan diberikannya hadiah, agar siswa-siswi lebih semangat bersekolah.

“Setelah kegiatan ini, diharapkan anak-anak memiliki rasa percaya diri dan penuh semangat dalam menempuh pendidikan sampai ke perguruan tinggi.” Ujar Ibu Hj. Nurul Hidayati S.Pd.SD selaku Kepala Sekolah SDN Leran.

 

-Tim Jurnalis UKM P2J

You may also like...

English EN Indonesian ID