Unigoro Buka Program RPL, Ada Empat Prodi Unggulan

BOJONEGORO – Universitas Bojonegoro (Unigoro) resmi membuka program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Tipe A. RPL adalah pengakuan capaian hasil pembelajaran yang diperoleh dari pendidikan non formal, informal, atau pengalaman kerja. Ada empat prodi unggulan yang bisa dipilih pendaftar.

Kepala Biro Akademik Unigoro, Joko Purwanto, Amd.Kom., menerangkan, penyelenggaraan program RPL Tipe A di Unigoro selaras dengan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 41 Tahun 2021 tentang Rekognisi Pembelajaran Lampau. “Ada empat prodi yang melaksanakan program RPL. Antara lain prodi administrasi publik, agribisnis, hukum, dan ekonomi pembangunan,” terangnya, pada Selasa (2/4/24).

Pendaftaran mahasiswa baru (PMB) Unigoro program RPL Tipe A akan dibuka mulai 16 April 2024 mendatang. Syarat-syarat pendaftarannya cukup mudah. Calon mahasiswa baru wajib mengisi formulir asesmen. Kemudian melampirkan dokumen bukti kompetensi atau portofolio yang membuktikan bahwa telah memiliki keterampilan tertentu yang relevan dengan capaian pembelajaran mata kuliah pada prodi yang dituju. “Jadi tidak ada tes masuk. Biaya pendaftaran program RPL di Unigoro hanya Rp 750 Ribu,” imbuh Joko.

Program RPL Tipe A di Unigoro dibuka untuk karyawan swasta, staf lembaga pemerintahan, perangkat desa, pegawai perbankan, penyuluh pertanian, mahasiswa yang DO (drop out), serta lulusan D1, D2, dan D3. (din)