Unigoro Sukses Jadi Tuan Rumah Temu Wicara Regional Ke XIV FKMTSI Jatim

BOJONEGORO – Untuk kedua kalinya, Universitas Bojonegoro (Unigoro) dipercaya menjadi tuan rumah Temu Wicara Regional Ke XIV Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia (FKMTSI) Wilayah IX Jawa Timur. Ajang ini telah dilaksanakan pada 10 hingga 12 Mei 2024. Ratusan mahasiswa teknik sipil dari lintas perguruan tinggi se Jatim tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut di Unigoro.

Ketua Yayasan Suyitno Bojonegoro, Dr. Arief Januwarso, mengucapkan selamat datang kepada peserta Temu Wicara Regional Ke XIV FKMTSI Wilayah IX Jatim yang hadir. “Kami berharap mahasiswa untuk terus berkoordinasi dengan insan-insan teknik sipil di Jawa Timur. Agar kita bisa menjalin relasi dengan berbagai universitas,” tuturnya dalam opening ceremony di Gedung Mayor Sogo, pada Jumat (10/5/25).

Hal senada juga disampaikan oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknik (Saintek) Unigoro, Ir. H. Zainnudin, MT. Beliau mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh FKMTSI Wilayah IX Jatim untuk menambah khazanah ilmu pengetahuan tentang teknik sipil. “Ini langkah yang bagus supaya prodi teknik sipil Unigoro tidak tertinggal dengan kampus-kampus lain,” imbuhnya.

Usai mengikuti opening ceremony, para peserta melaksanakan studi ekskursi di Waduk Gongseng, Temayang. Mereka dipandu oleh dosen prodi teknik sipil Unigoro, Zain Mustofa, ST., MT. Menurut Muhammad Irfan Alfanan selaku koordinator lapangan, ini sudah kedua kalinya peserta temu wicara regional melakukan studi eksursi di sana. “Waduk Gongseng dipilih sebagai lokasi karena kita sudah pernah ke sana. Tapi saat itu masih dalam tahap pembangunan. Sekarang kita ke sana lagi karena waduknya sudah berfungsi. Kita ingin mengetahui bagaimana mekanisme irigasi SDA, struktur bangunan waduk milik negara, dan sebagainya. Seperti halnya melakukan observasi lapangan,” ungkap mahasiswa semester empat prodi teknik sipil Unigoro.

Rangkaian kegiatan Temu Wicara Regional Ke XIV FKMTSI Wilayah IX Jatim dilanjutkan lagi dengan agenda persidangan dan rapat pleno. Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Unigoro (Himatesu), Andi Yanuar Putra R., mengatakan, pihaknya merasa bangga dipercaya menjadi tuan rumah forum ini. Meskipun organisasi Himatesu baru dibentuk beberapa tahun lalu. (din)